Mengapa pembelajaran writing mata pelajaran bahasa Inggris tidak menarik bagi siswa? Hal ini disebabkan kegiatan menulis procedure dalam bahasa Inggris masih pasif dan kurangnya kosa kata yang diketahui sehingga siswa tetap diam di kelas namun mereka harus memaksimalkan imajinasi mereka untuk membuat tulisan. Hal seperti ini juga terjadi di kelas IX SMP N 11 Semarang pada semester 2 . Untuk meningkatkan materi writing dalam procedure guru mengunakan direct method yaitu menginginkan siswa belajar berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang dipelajari (target language) ,agar harapannya terwujud . Siswa harus belajar berpikir dengan bahasa yang dipelajari bagaimana menulis procedure text yang benar dan tepat. Procedure text merupakan teks mengenai cara untuk melakukan sesuatu. Procedure text secara umum dapt ditemukan pada kemasan makanan dan minuman, penggunaan alat dan tutorial lainnya . Salah satu procedure text yang paling sering dijumpai adalah resep makanan/ minuman , cara ini sangat mudah, siswa cukup mengumpulkan urutan cara untuk melakukan sesuatu tersebut.
Menurut Djago Tarigan dalam Elina Syarif, dkk (2009 :5) mengatakan menulis berarti mengekpresikan secara tertulis gagasan, ide, pendapat, atau pikiran dan perasaan.Menurut Lado dalam Elina Syarif ,dkk (2009: 5) juga mengungkapkan pendapatnya bahwa menulis yaitu: meletakkan simbol grafis yang mewakili bahasa yang dimengerti orang lain. Sedangkan menurut Angelo (1980 :5) mengatakan Menulis adalah suatu bentuk berpikir, tetapi justru berpikir bagi membaca tertentu dan bagi waktu tertentu. Salah satu tugas terpenting sang penulis adalah menguasai prinsip-prinsip menulis dan berpikir, yang akan dapat menolongnya mencapai maksud dan tujuannya. Secara singkat belajar menulis adalah belajar berpikir dalam dengan cara tertentu . Dengan metode ini memaksa siswa untuk memahami arti dari bahasa sasaran secara langsung. Untuk melakukannya guru mengenalkan sebuah kata atau phrase bahasa sasaran, guru mendemontrasikan artinya melalui penggunana realia, gambar atau pantomim. Adapun langkah-langkah menulis procedure dengan baik yaitu : Tentukan tema procedure text yang ingin dibuat.
Tips, awali dengan kalimat “cara membuat …” atau “cara menggunakan ” dalam menentukan tema sekaligus judul procedure text. Pastikan aktivitas yang kita akan buat procedure text merupakan aktivitas yang mudah dan kita tahu atau pernah melakukannya. Misalnya, kita akan membuat contoh procedure text “Cara Membuat Kopi.” 2) Pikirkan bahan-bahan dan alat yang digunakan. Dalam membuat kopi, kita membutuhkan bahan-bahan seperti; air, kopi bubuk, dan gula. Sedangkan alat untuk membuat kopi adalah sendok, gelas cangkir, kompor, dan panci 3).Setelah kita catat bahan dan alat yang diperlukan, kita lanjut menuliskan langkah-langkah dalam membuat kopi, dimulai dari yang pertama dan yang terakhir.
Dari langkah –langkah diatas, kita bisa buat contoh procedure text dalam bahasa Inggris seperti How to make a cup of coffee. To make a cup of coffee, we need coffee powder, sugar, water, a cup, a spoon, a pan and a stove. Here are some steps to make a cup of coffee. First, boil water in a pan by using a stove. Second prepare coffee powder and sugar in a cup. Third pour the boiled water into a cup.Finally, stir the mixture until dissolve and serve it.
Jadi dapat disimpulkan bahwa direct method dapat meningkatkan writing dalam materi procedure text pada kelas IX SMP N 11 Semarang khususnya dan sekolah sederajat pada umumnya. Jika siswa mau berpikir dan berusaha mencari kata sulit dari kamus sangatlah mudah menulis teks procedure dan mempraktekkan ke dalam bahasa Inggris. Selamat belajar!
SUPARMI, S.Pd
Guru Bahasa Inggris SMP N 11 Semarang