JATENGPOS.CO.ID, – Mengapa setiap kali siswa disuruh ke depan kelas untuk berbicara/presentasi selalu sering mengalami kendala? Salah satu adalah kurangnya berlatih berdialog dan tingkat kepercayaan dirinya belum ada. Disini kami akan membahas metode belajar speaking yang paling effectif yaitu : Yang pertama dengan belajar speaking dengan dialog. Dialog menghadirkan dua peran yaitu si pembicara dan si pendengar . Metode seperti ini lebih menguntungkan karena siswa mendapat tambahan ide dari lawan bicara siswa lain.
Berikutnya ada beberapa metode dialog yang bisa dilakukan diantaranya 1)Diskusi. Merupakan proses pertukaran informasi guna menyelesaikan problem yang dihadapi oleh si pembicara dan si pendengar. Agar menarik tentukan tema yang dikuasai dan disukai oleh keduanya. Diskusi dapat berjalan dengan baik bila orang-orang yang terlibat mau saling menerima pendapat.2)Conversation.Bercakap-cakap dapat meningkatkan perbincangan seputar tema : ringan dan mudah diutarakan. Biasanya perbedaan topik terjadi ditengah percakapan. Awalnya siswa berbicara tentang hobby, tetapi secara tidak sadar diakhir pembicaraan siswa malah membicarakan yang lain misal pekerja rumah ,game.3)
Interviewyaitu wawancara merupakan proses komunikasi yang menggunakan question dan answer.Metode ini sangat cocok untuk merangsang otak siswa berpikir. Dalam prosesnya si pembicara mengungkapkan gagasannya. Pendengar menelaah pesan yang ia terima/ lebih-lebih pesan tersebut dibandingkan dengan pengetahuan dan pendapat yang ia miliki. Hal-hak seperti ini dapat menjadikan komunikasi lebih berbobot dan dinamis. 4) DebatyaituBerdebat merupakan proses mempertahankan pendapat, yang tentnya berseberangan dengan lawan bicara. Lakukan debat seefectif mungkin dengan mengontrol emosi agar speaking siswa tidak tergesa-gesa dan menggebu-gebu.
Setelah metode pertama belum berhasil secara maksimal kita bisa menggunakan dengan metode yang kedua yaitu dengan belajar speaking dengan Monolog. Setiap kali berbicara, entah itu saat presentasi,diskusi atau bahkan mengutamakan pendapat,semua tak lepas dari monolog.Disini siswa berupaya mengungkapkan pesan yang ada dienak kepala dan terkadang juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memaparkan gagasan,pesan yang disampaikan dalam monolog yang terjadi satu arah artinya pembicara mengutamakan gagasan sedangkan timbal baliknya s pendengar tidak dihiraukan.Tips supaya belajar speaking dengan monolog lebih cepat dengancara: 1)Beropini.Telaah dan kaji dulu informasi yang didapat kemudian ungkapkan pendapat siswa mengenai informasi tersebut akan sangat membantu siswa dengan menetapkan durasi waktu lamanya opini.2)
Mengulang cerita.Sebelum siswa belajar speaking dengan cerita terlebih dahulu siswa membaca isi cerita, pahami alurnya kemudian ceritakan kembali plotnya dengan gaya bahasa sendiri.3)Merangkaicerita.Caramudahuntukmerangkaicerita, tulislah 10 hingga 20 vocabulary yang siswatahulalurangkailahsebuahceritadari vocabulary tersebut.4) Speech.Latihlahdirisiswaberpidato di depanumum. Hal inidapatmemperkukuh mentaltapiingatjanganmenghafaltekspidato yang akandisepakatikarenahalinidapatmemperlambatpencapaianpenetapan speaking siswa.5) Advice and motivationyaitulatihlahdirisiswauntukmemberinasehatdanmotivasi. Lakukanlahseseorangmeskitidakdihadapan orang lain.6) PresentasiyaituPelajaridanpahamimateri yang akansiswasampaikan,bilaperlucatatinformasipenting yang diperlukan,selanjutnyajabarkaninformasitersebut di depankhalayakumum.
Suparmi, S.Pd
Guru SMP N 11 Semarang