Disiplin Bentuk Karakter Siswa

Munari, S.Pd. M.Pd Guru SMP N 2 Ngaringan Kab. Grobogan
Munari, S.Pd. M.Pd Guru SMP N 2 Ngaringan Kab. Grobogan

Pendidikan karakter dipandang sebagai solusi adanya kekurang disiplinan siswa di sekolah. Pendidikan karakter dijadikan alat untuk mengkarakterkan siswa. Melalui kegiatan ini, siswa dilatih bertindak sesuai dengan norma dan aturan berlaku. Melalui kegiatan ini pula, siswa dibiasakan melaksanakan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat seperti gotong-royong, sopan santun, saling menghormati, dan mentaati norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Untuk itu pendidikan karakter diterapkan pada sekolah menengah pertama terutama pada SMP negeri 2 Ngaringan.

Sejak Indonesia berdiri, pendidikan karakter terus dikumandangkan. Sebagai bukti adalah Presiden Soekarno mencanangkan nation and character building dalam rangka membangun dan mengembangkan karakter bangsa Indonesia guna mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila (Puskur, 2010 : 1).

Nilai-nilai pendidikan karakter perlu dikembangkan di sekolah. Nilai-nilai ini bersumber dari agama, Pendidikan Pancasila dan kwarganegaraan, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut. 1. agama: masyarakat Indonesia adalah masyarakat beragama. Oleh karena itu, kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa selalu didasari pada ajaran agama dan kepercayaannya. Secara politis, kehidupan kenegaraan pun didasari pada nilai-nilai yang berasal dari agama. Atas dasar pertimbangan itu, maka nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa harus didasarkan pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama. 2. Pendidikan Pancasila dan kwarganegaraan : negara kesatuan Republik Indonesia ditegakkan atas prinsip-prinsip kehidupan Kebangsaan dan kenegaraan yang disebut Pancasila. Pancasila terdapat pada Pembukaan UUD 1945 dan dijabarkan lebih lanjut dalam pasal-pasal yang terdapat dalam UUD 1945. Artinya, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi nilai-nilai yang mengatur kehidupan politik, hukum, ekonomi, kemasyarakatan, budaya, dan seni. Pendidikan budaya dan karakter bangsa bertujuan mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang lebih baik, yaitu warga negara yang memiliki kemampuan, kemauan, dan menerapkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupannya sebagai warga negara (Puskur, 2010 : 8).

Baca juga:  Literasi Digital dan PRE

Pengertian pendidikan karakter berkaitan dengan pengertian pendidikan dan karakter. Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi siswa (Puskur, 2010: 4). Pengertian Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai, moral, dan norma, seperti jujur, berani bertindak, dapat dipercaya, dan hormat kepada orang lain (Puskur, 2010 : 5). Bila dua pengertian tadi digabung, akan menjadi pendidikan yang mengkarakterkan siswa. Lebih lanjut, pengertian pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri siswa sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif (Puskur, 2010 : 4).


Baca juga:  Metode Penerapan Hukuman Pada Siswa SD

Banyak terjadi masalah-masalah sosial di era reformasi ini. Masalah-masalah tersebut juga berimbas kepada kehidupan sekolah, bahkan di sekolah menengah pertama. Masalah-masalah sosial tersebut mengerucut kepada kedisiplinan siswa. Solusi atas kedisiplinan siswa tersebut adalah pendidikan karakter. Untuk dapat melaksanakan pendidikan karakter, diperlukan pemahaman yang baik terhadap pendidikan karakter, yaitu pemahaman tentang pengertian pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter, ruang lingkup pendidikan karakter, dan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah nenengah pertama terutama SMP negeri 2 Ngaringan.

Pembelajaran kedisiplinan disekolah dapat membentuk karakter dan merubah pola pikir siswa terutama dengan mengikuti kegiatan- kegiatan organisasi disekolah, seperti PMR, OSIS, Pramuka dan didukung oleh pelajaran agama, pendidikan pancasila dan kwarganegaraan (PPKN). Sehingga dengan sendirinya karakter siswa terbenuk dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara rutin disekolah.

Baca juga:  Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

Munari, S.Pd. M.Pd
Guru SMP N 2 Ngaringan Kab. Grobogan