Efektifkan Belajar Fisika dengan Peer Teaching

Erma Nasriyati, S.Pd Guru SMKN Tembarak Temanggung
Erma Nasriyati, S.Pd Guru SMKN Tembarak Temanggung

Fenomena umum yang terjadi di kalangan siswa adalah banyak siswa yang tidak memperhatikan guru di kelas ketika belajar, karena Fisika terutama di SMKN Tembarak adalah mata pelajaran yang bisa dibilang sulit, tidak menyenangkan. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menarik siswa agar tertarik untuk mempelajarinya.

Elastisitas merupakan salah satu materi pelajaran yang terdapat dalam fisika. Banyak siswa yang masih merasa kesulitan memahami konsep elastisitas. Ada beberapa faktor yang menjadi kendala siswa dalam mempelajari elastisitas, diantaranya saat akan praktikum, karena keterbatasan alat yang ada. Kecenderungannya, pembelajaran banyak menggunakan metode ceramah tanpa praktik., sehingga siswa kurang bisa memahami, kurang bersemangat dalam belajar dan akhirnya akan berdampak pada nilai rerata siswa. Berdasarkan temuan tersebut, maka dibutuhkan penyelesaian masalah untuk dapat meningkatkan minat belajar fisika sehingga akan berdampak juga pada nilai yang meningkat khususnya pada mata pelajaran fisika materi elastisitas yaitu dengan metode teman sebaya (peer teaching).

Baca juga:  Market Day Meningkatkan Kreatifitas dan Partisipasi Siswa

Metode teman sebaya ini merupakan salah satu teknik belajar aktif, Menurut Silberman (2000:157) bahwa mengajar teman sebaya merupakan salah satu cara untuk mematangkan penguasaan siswa terhadap suatu mapel tertentu. Siswa akan lebih mudah memahami dan lebih bisa saling berinteraksi antar siswa. Seperti yang disampaikan Widodo (1997:12) bahwa proses belajar tidak harus berasal dari guru, siswa bisa saling mengajar dengan siswa yang lainnya, sehingga tujuan kebermaknaan pembelajaran fisika dapat tercapai.

Pembelajaran dengan menggunakan metode teman sebaya (peer teaching) secara langsung memberikan latihan kepada siswa untuk dapat berbagi pengetahuan, ide, dan pengalaman masing-masing. Mendorong siswa untuk mengatur dan menguraikan apa yang telah mereka pelajari disamping untuk menjelaskan materi kepada yang lainnya. Selain itu, peer teaching dapat mempertinggi ikatan sosial pada diri siswa dalam kegiatan belajar, mengembangkan kreatifitas, eksperimentasi, kemampuan memecahkan masalah, dan mempelajari konsep yang lebih mendalam.


Baca juga:  Wujudkan Kantin Sehat Minim Sampah

Membuat suasana belajar yang menyenangkan untuk siswa merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran. Dengan menggunakan pembelajaran teman sebaya (peer teaching) ini cocok digunakan untuk mengefektifkan belajar siswa fisika, karena siswa diberi kesempatan untuk mengapresiasikan pengetahuannya, berinteraksi dengan siswa lain, siswa dapat belajar fisika dalam suasana yang menyenangkan.

Guru memberikan bimbingan kepada siswa mengenai langkah kegiatan yang akan dilalui. Kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 siswa secara merata (tiap kelompok terdapat siswa yang pintar) Di dalam kelompoknya siswa belajar bersama dengan sesama teman lain serta berbagi pengetahuan, ide, dan pengalaman masing-masing. Setiap anggota kelompok dituntut memberikan tanggapan serta pendapat mereka sendiri yang nantinya akan disatukan dalam satu kesimpulan. Beberapa saat kemudian salah satu anggota kelompok secara bergiliran mengajarkan hasil temuannya di hadapan kelompok lain.

Baca juga:  Pengaplikasian Model Pembelajaran SOLE melalui Kelas Online

Dengan menggunakan teman sebaya (peer teaching) yang diterapkan pada mata pelajaran fisika materi elastisitas menunjukkan peningkatan aktivitas belajar, ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang perhatian saat menerima materi dan aktif menjelaskan ke teman ataupun ke kelompok yang lain. Mereka merasa senang dan mudah memahami konsep elastisitas yang baru dipelajari. Ini berdampak juga pada hasil belajar yang diperoleh siswa.

Apabila kita mampu membekali siswa kita dengan pembelajaran teman sebaya (peer teaching) sejak dini, maka siswa akan terlatih untuk menghadapi tantangan-tantangan yang terjadi. Ayo gunakan teman sebaya (peer teaching) dalam pembelajaran.

Erma Nasriyati, S.Pd
Guru SMKN Tembarak Temanggung