spot_img
28.2 C
Semarang
Kamis, 26 Juni 2025
spot_img

BPJS Kesehatan Sapa Peserta JKN di RS Panti Wilasa Citarum

Pastikan Pelayanan Kesehatan Berjalan Optimal

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Memasuki satu dekade penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu layanan, termasuk di fasilitas kesehatan. Deputi Direksi Wilayah VI BPJS Kesehatan, Mulyo Wibowo, menyapa peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara langsung untuk memastikan pelayanan kesehatan berjalan optimal.

“BPJS Kesehatan berkomitmen tinggi memberikan pelayanan terbaik untuk peserta JKN. Dengan menyapa secara langsung, kami ingin memastikan bahwa peserta JKN merasa nyaman dan tidak mengalami kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan,” katanya, usai menyapa peserta JKN di RS Panti Wilasa Citarum, Kamis (18/7/2024).

Dijelaskan, dalam menyelenggarakan Program JKN agar terus berkesinambungan memberikan manfaat bagi masyarakat, pihaknya memperkuat koordinasi dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan, salah satunya fasilitas kesehatan yang secara langsung memberikan pelayanan kepada peserta JKN. BPJS Kesehatan memastikan fasilitas kesehatan ini melaksanakan janji layanan dengan baik sehingga peserta mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan setara.

“Mudah artinya peserta berobat hanya dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau melalui KIS Digital pada Aplikasi Mobile JKN. Cepat, peserta bisa mengakses layanan kesehatan dengan mengambil nomor antrean secara online. Setara artinya tidak ada diskriminasi yang diterima peserta JKN, semua dilayani dengan baik tanpa ada perbedaan dengan pasien umum,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Mulyo berdialog dengan peserta JKN yang sedang berobat rawat jalan maupun rawat inap. Semua peserta yang disapa memberikan testimoni yang positif terhadap penyelenggaraan Program JKN. Bagi mereka, program ini sangat bermanfaat dan diharapkan terus berkelanjutan.

Tak hanya itu, Mulyo juga menggali saran dan harapan dari peserta JKN untuk peningkatan kualitas layanan khususnya di fasilitas kesehatan. Dengan demikian, pihaknya bisa berbenah diri, menyusun dan mengembangkan inovasi ataupun terobosan agar pelayanan kepada peserta JKN lebih optimal.

“Dengan menyapa peserta JKN secara langsung, kami bisa tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kami. Apakah pelayanan selama ini berjalan dengan baik dan peserta merasa nyaman ketika berobat. Alhamdulillah, seluruh peserta yang kami sapa menyampaikan jika Program JKN sangat bermanfaat. Harapan dan saran yang disampaikan menjadi semangat kami untuk melakukan perbaikan ke depan,” kata Mulyo.

Tak ketinggalan, Mulyo juga mengedukasi peserta JKN tentang inovasi-inovasi yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan yang dapat dimanfaatkan peserta. Salah satunya adalah Aplikasi Mobile JKN dengan beragam fitur yang terbukti memberikan kemudahan bagi peserta untuk mengakses layanan JKN. Sebagai contoh fitur antrean online dimana peserta JKN bisa mengambil nomor antrean darimana saja dan kapan saja, tidak perlu datang langsung ke loket pendaftaran rumah sakit. Peserta datang ketika jam layanan sudah dekat.

“Kami harap manajemen rumah sakit juga mempunyai komitmen yang tinggi untuk kesinambungan Program JKN. Dengan dukungan komitmen dari fasilitas kesehatan ini, kami yakin penyelenggaraan Program JKN dapat berjalan lebih optimal,” ujar Mulyo.

Peningkatan kualitas layanan Program JKN dirasakan oleh Satrio Kristiaji. Peserta JKN asal Kota Semarang ini mengaku sangat terbantu dengan Aplikasi Mobile JKN yang dikembangkan BPJS Kesehatan. Dia sudah menjadi peserta JKN sejak tahun 2014, ketika Program JKN ini pertama kali beroperasional.

“Saat ini pelayanan JKN jauh lebih baik. Apalagi sejak ada Aplikasi Mobile JKN. Saya berobat cukup menunjukkan KIS Digital, ambil antrean secara online, semuanya bisa diakses melalui aplikasi ini,” kata Rio, sapaan akrabnya.

Dia mengaku pelayanan yang diberikan sudah baik. Alur pelayanan tidak sulit dan tidak ada diskriminasi. Rio merasa sangat terbantu dengan Program JKN yang mendampinginya selama menjalani perawatan di rumah sakit.

“Sepanjang kita mengikuti prosedur dengan benar, pasti dilayani dengan baik. Alurnya pun menurut saya juga tidak ribet apalagi sekarang sudah ada Aplikasi Mobile JKN. Program ini sangat bermanfaat, khususnya bagi saya dan keluarga. Saya berharap, Program JKN terus ada dan berkelanjutan. BPJS Kesehatan juga terus mengembangkan inovasi dan terobosan yang mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi peserta,” harap Rio.(aln)

spot_img

TERKINI