JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG- Menyambut momen long weekend libur Wafat Isa Almasih dan Paskah yang berlangsung mulai Kamis, 17 April hingga Minggu, 20 April 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menyiapkan sebanyak 90.094 tiket kereta api atau rata-rata 22.524 tiket per hari untuk masyarakat yang ingin bepergian dengan moda transportasi kereta api.
“Selama periode tersebut, KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan sebanyak 33 perjalanan kereta api per hari yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 4 Semarang, dengan tujuan ke berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Purwokerto, Tegal, Solo, Madiun, Jember hingga Banyuwangi,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo.
Tak hanya itu, juga terdapat sebanyak 62 perjalanan KA yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang, sehingga total terdapat 95 perjalanan kereta api penumpang per hari yang beroperasi selama periode empat hari long weekend tersebut.
Per hari ini, Kamis (17/4) pukul 09.00 WIB, data mencatat sebanyak 50.105 tiket telah terjual untuk periode long weekend ini, atau rata-rata 12.526 tiket per hari. Dengan tingkat penjualan tiket mencapai 56 persen, KAI mengimbau masyarakat untuk segera melakukan pemesanan.
“Masih banyak tiket yang tersedia. Kami mengajak masyarakat untuk segera merencanakan perjalanannya dan membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau kanal resmi lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI,” tambah Franoto.
Peningkatan mobilitas masyarakat diprediksi akan terus terjadi, dengan estimasi jumlah penumpang yang diberangkatkan dari wilayah Daop 4 Semarang mencapai lebih dari 20 ribu orang pada hari ini. Kepadatan keberangkatan penumpang juga akan berlangsung pada Jumat, 18 April dan Minggu, 20 April 2025, dengan jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai lebih dari 21 ribu orang per hari.
Dalam menghadapi lonjakan penumpang selama masa long weekend ini, KAI memastikan seluruh layanan berjalan optimal.
“Kami berkomitmen memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan tentunya bebas dari kemacetan jalan raya. Kami ingin setiap pelanggan dapat menikmati momen long weekend ini dengan penuh kebahagiaan bersama keluarga maupun sahabat,” tutup Franoto.(aln)
———————————————————-
CAPTION FOTO :
– APRESIASI- PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) memberikan apresiasi bagi 11 porter yang aktif menerima order online dari aplikasi e-Porter selama masa Lebaran. FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS
KAI Wisata Apresiasi 11 Porter Aktif Penerima Order Online
JAKARTA- PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang mendukung banyak bisnis baik mengelola Kereta Wisata, Luxury Lounge dan fasilitas lainnya termasuk Aplikasi Pemesanan Porter Digital yaitu e-Porter.
Saat ini KAI Wisata mengembangkan aplikasi e-Porter sudah sampai di 14 (empat belas) Stasiun diantaranya Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Yogyakarta Tugu, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Madiun, Stasiun Malang, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Bekasi.
Harga pemakaian aplikasi e-Porter ini, pelanggan penumpang kereta api hanya cukup membayar sebesar Rp 38.000,- (tiga puluh delapan ribu rupiah) setiap kali pemakaian porter untuk mengangkut barang dan harga ini sudah flat sifatnya untuk penggunaan aplikasi e-Porter di 14 (empat belas) stasiun.
Hendy Helmy selaku Direktur Utama KAI Wisata mengatakan, mewakili manajemen KAI Wisata meberikan apresiasi kepada para Porter yang telah mendukung peralihan pemesanan Porter manual ke digital.
Porter saat ini yang telah bergabung di 14 (empat belas) stasiun sudah sebanyak 1.376 (seribu tiga ratus tujuh puluh enam) dan siap melayani pelanggan penumpang kereta api baik yang menggunakan membawa barang naik menuju kereta maupun turun dari kereta menuju loby kedatangan penjemputan.
“Kehadiran aplikasi e-Porter ini akan sangat membantu pelanggan penumpang kereta api dalam perjalanan di stasiun untuk membantu membawa barang, tanpa harus repot mikir berat dan repot membawa barang” tambah Hendy.
KAI Wisata terus berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan terus memberikan edukasi peralihan pemesanan Porter manual ke Digital melalui Aplikasi e-Porter atau Access by KAI.
“KAI Wisata berharap dengan kegiatan Halal Bi Halal kali ini dengan tema Merangkai Silahturahmi, Membangun Semangat Baru setelah Idulfitri sekaligus apresiasi kepada seluruh Insan KAI Wisata dan kepada Para Porter berprestasi,” tutup Hendy.
KAI Wisata terus mengembangkan inovasi digital guna memenuhi bisnis keberlanjutannya untuk memberi kemudahan pelanggan khususnya para penumpang kereta api. Porter yang diberikan apresiasi ketupat lebaran sebanyak 11 (sebelas) porter dari 9 (sembilan) stasiun yang aktif menerima pesanan Porter melalui aplikasi e-Porter semasa angkutan lebaran 2025 lalu diantaranya Stasiun Purwokerto, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Bandung, Stasiun Gambir, Stasiun Solo, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Malang.(aln)