Eksperimen Tingkatkan Pemahaman Materi Kegunaan Bahan Kimia

TRI WIRATNO, S.Pd SMP NEGERI 2 BATURETNO
TRI WIRATNO, S.Pd SMP NEGERI 2 BATURETNO

JATENGPOS.CO.ID. – Permasalahan utama dalam pembelajaran IPA di SMP adalah rendahnya hasil belajar dan aktifitas peserta didik dalam belajar IPA khususnya materi bahan kimia dalam kehidupan.Dan bahan kimia adalah materi baru yang baru di dapat setelah peserta didik duduk di tingkat SMP sehinga dalam pemahamannya mengalami kesulitan. Permasalah yang kedua adalah : rendahnya aktifitas belajar jika dibiarkan terus akan berdampak pada peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami materi pelajaran IPA, mengikuti pelajaran dengan antusias, menjalin kerjasama dalam memecahkan masalah, memberikan alternatif dalam memecahkan permasalahan, menyelesaikan tugas tepat waktu.

Di dalam kehidupan sehari hari kita tidak bisa lepas dari apa yang disebut dengan “Bahan Kimia”. Dalam materi “Bahan Kimia Dalam Kehidupan sehari-hari”siswa diharapkan setelah mempelajari bab tersebut dapat mengetahui jenisnya, manfaatnya dan pengaruh kesehatan terhadap manusia. Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami Bahan Kimia Dalam kehidupan “Metode Eksperimen” sangat membantu peserta didik dalam memahaminya.

Baca juga:  Pemuda MasaKini dan Nasionalisme

Metode eksperimen memiliki beberapa kelebihan diantaranya: (1) dapat membuat siswa lebih banyak percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya sendiri, (2) dapat mengembangkan sikap untuk mengadakan studi eksplorasitentang sians dan teknologi, (3) dengan metode ini akan terbina manusia yang dapat membawa terobosan-terobosan baru dengan penemuan sebagai hasil percobaannya, (4) hasil percobaan berharga yang ditemukan dari metode eksperimen dapat untuk memakmurkan manusia.

Metode eksperimen adalah pemberian kesempatan kepada peserta didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan proses atau percobaan. Metode eksperimen menekankan peserta didik melakukan percobaan dan mencoba sendiri. Metode eksperimen memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengamati sendiri, melakukan sendiri , mengikuti proses , mengamati suatu obyek, menganalisis, membuaktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu obyek, keadaan atau proses seuatu. Dengan demikian peserta didik dituntut untuk mengalami sendiri, mencari suatu kebenaran atau mencari data baru yang diperlukan, mengolah sendiri, membuktikan suatu hukum atau detail dan menarik kesimpulan atas proses yang dialaminya. Dengan cara ini siswa mampu mengembangkan konsep-konsep yang telah mereka miliki. Sehingga dengan menggunakan metode eksperimen memudahkan peserta didik dalam memahami bahan kimia dalam kehidupan.


Baca juga:  SKM TingkatkanMinat Baca Siswa

Metode eksperimen dapat memudahkan peserta didik dalam memahami bahan kimia dalam kehidupan karena pembelajaran dengan metode eksperimen dapat mempermudah peserta didik untuk tidak sekedar mengingat tetapi juga menguasai materi bahan kimia dalam kehidupan . Selain itu  dengan metode eksperimen membuat peserta didik dapat terlibat aktif dan dapat menuangkan ide-idenya dalam pembelajaran IPA sehingga pembelajaran tidak didominasi oleh guru. Metode eksperimen dapat mempermudah pemahaman materi bahan kimia dalam kehidupan karena mempunyai keunggulan : “cara penyajian bahan pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dan mencoba sendiri”. Belajar yang baik adalah dengan mengalami dan menggunakan panca inderanya dan metode eksperimen adalah yang tepat untuk kriteria ini.

Baca juga:  Mengantisipasi Dampak Negatif IT

TRI WIRATNO, S.Pd

SMP NEGERI 2 BATURETNO