Examples Non Examples Tingkatkan Hasil Belajar PPKn

Nurahmi, S.Pd.

JATENGPOS.CO.ID, – Pendidikan  berfungsi  membantu  siswa dalam   pengembangan   dirinya,   yaitu   pengembangan   semua   potensi,kecakapan,serta karakteristik  pribadinya  ke  arah  yang lebih  positif,baik bagi dirinya maupun lingkungannya.Selain  itu,guru  juga  harus  mampu  membekali  siswa  dengan berbagai kompetensi seperti pengetahuan,sikap atau karakter yang kuat,serta  ketrampilan  yang  memadai  untuk  menghadapi  tantangan  abad  ke-21.Ketrampilan  yang  dibutuhkan  siswa  antara  lain  kemampuan  berpikir kritis,kreatif,berkomunikasi yang baik,berkolaborasi dan  berkarakter kuat.

Di masa PJJ seperti ini guru harus mencari alternatif pembelajaran yang dapat diikuti oleh semua siswa dengan baik, melihat kenyataan yang terjadi pada siswa kelas 5 SDN 01 Siremeng pada semester 1 mupel PPKn materi nilai-nilai Pancasila dari 35 siswa hanya 13 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM.Masih ada 63% siswa yang belum mengalami ketuntasan belajar.Untuk  mengatasi  persoalan  di  atas,  guru  dituntut  untuk  menguasai kurikulum  dan  dalam  pembelajaran  diharapkan  dapat  melibatkan  siswa secara  aktif,  inovatif,  dan  menarik  siswa  bersemangat  untuk  belajar.Salah satu   alternatif   yaitu   dengan   menggunakan   pendekatan   yang   proses pembelajarannya   berpusat   padasiswa.Model pembelajaran   tersebut   adalah examples non examples. Pembelajaran  ini dapat dilakukan di rumah selama pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:  Trik Mudah Belajar Fisika

Berdasarkan penuturan Huda (2014), pembelajaran examples non examples merupakan pembelajaran yang memanfaatkan gambar sebagai perangkat untuk penyampaian materi ajar.Ini bertujuan agar siswa mampu belajar dengan pola pikir kritis dan pola pikir menyelesaikan sesuatu (pemecahan masalah).Karena dengan adanya gambar, siswa bisa terpicu untuk menganalisis dan mendeskripsikan makna atau maksud dari gambar yang disajikan.Berdasarkan pendapat Shoimin (2013),examples non examples merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk melatih kepekaan siswa pada suatu masalah, ini bisa dicapai dengan cara menyajikan contoh gambar,isu,atau topik yang nantinya akan diinterpretasikan dan dianalisis oleh siswa.Secara langsung guru nanti akan membimbing siswa dalam mengidentifikasi masalah,mengarahkan sudut pandang, mencari cara lain dalam pemecahan masalah dsb.

Baca juga:  Gerakan Literasi Tumbuhkan Karakter Siswa

Model examples non examples dalam penerapannya diharuskan untuk menyediakan diagram, tabel dan gambar yang berkaitan dengan bahan materi ajar. Tentu materi yang ada sudah disesuaikan dengan kompetensi yang telah ditetapkan.

iklan

Urutan dalam pelaksanaannya, pembelajaran ini pertama guru akan menyajikan sebuah gambar yang cocok dengan misi pembelajaran pada WA group,Gambar yang dipakai harus sesuai dengan materi yang akan disampaikan dengan kompetensi yang telah ada.Selanjutnya siswa diminta untuk memperhatikan gambar,guru akan mengarahkan siswa untuk menyimak gambar dan menganalisanya.Siswa akan diberi kesempatan berupa waktu untuk memahami gambar dengan cermat.Guru juga bisa memberikan clue agar siswa bisa terangsang dalam memahami gambar.Guru akan mengarahkan siswa untuk membuat grup belajar 2 hingga 3 siswa yang bertujuan untuk menganalisa gambar lebih lanjut.Kemudian analisa tersebut ditulis di buku siswa.Selanjutnya setiap group belajar akan diberi waktu untuk mempresentasikan melalui video.Berdasarkan hasil diskusi dan presentasi siswa,guru akan mengutarakan sebuah evaluasi dan revisi apa yang benar dan salah pada presentasi siswa dan menguraikan tentang misi pembelajaran yang ingin didapat.Tahap selanjutnya siswa dan guru akan membuat kesimpulan tentang materi belajar yang telah dilalui.

Baca juga:  Blended Learning Optimalkan Hasil Belajar di Masa Pandemi

Melalui penggunaan model pembelajaran examples non examples hasil belajar siswa meningkat, dari hasil observasi dan evaluasi 92% siswa tuntas KKM,Peningkatan ini membuktikan jika penggunaan model pembelajaran examples non examples efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SDN 01 Siremeng mupel PPKn materi nilai-nilai Pancasila.

 

 

Oleh : Nurahmi, S.Pd.

Guru SDN 01 Siremeng, Pemalang

iklan