Di era revolusi industri 4.0, guru profesional harus mampu mengembangkan berbagai media pelajaran yang ada. Dengan menerapkan media pembelajaran yang tepat dan menarik siswa diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar di setiap mata pelajaran.
Matematika dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit dan banyak dari siswa Sekolah Dasar tidak suka dengan mata pelajaran ini. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memiliki nilai hasil belajar dibawah rata-rata dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Oleh karena itu perlu usaha dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Dalam upaya peningkatan mata pelajaran matematika perlu pembelajaran yang memiliki strategi, pendekatan, metode dan media agar tercapainya suatu tujuan yang diinginkan.
Hasil belajar Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Wulunggunung 1 masih sangat rendah. Siswa cenderung pasif dan jenuh dalam pembelajaran. Salah satu media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan “Fraction Board”atau Papan Pecahan.
Pecahan, atau disebut fraksi adalah istilah dalam matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Menurut ST. Negoro dan Harahap 1998: 160, Pecahan adalah bilangan yang menggambarkan bagian dari keseluruhan, bagian dari suatu daerah, bagian dari suatu benda, atau bagian dari suatu himpunan. Senada dengan pendapat di atas, Muchtar A. Karim 1998:6.4 mengemukakan bahwa pecahan adalah perbandingan bagian yang sama terhadap keseluruhan dari sutau benda atau himpunan bagian yang sama terhadap keseluruhan dari suatu himpunan terhadap himpunan semula.
Pembelajaran menggunakan media Fraction Board atau lebih dikenal dengan Papan Pecahan merupakan salah satu media yang memiliki banyak manfaat mulai dari dapat memperjelas pembelajaran bilangan pecahan konsep dasar pengertian hingga dapat menjelaskan penjumlahan dan pengurangan. Dengan media ini siswa lebih paham terhadap materi yang diberikan oleh guru. selain itu juga sebagai alat bantu dan juga sebagai perangsang siswa sehingga siswa dapat lebih fokus dan dapat belajar sendiri dengan menggunakan media papan pecahan ini.
Cara penggunaan media papan pecahan yaitu dengan cara memperkenalkan terlebih dahulu kepada siswa bahwa berikut media yang akan digunakan untuk materi bilangan pecahan. Lalu dijelaskan jika dalam Fraction Board terdapat dua warna yang berbeda, dan untuk warna merah digunakan untuk bilangan pembilang dan yang ungu digunakan sebagai bilangan penyebut. Kemudian guru menjelaskan tentang cara penggunaannya dan biarkan secara aktif siswa bergantian menunjukkan berbagai pecahan pada Fraction Board.
Manfaat dari media Fraction Board ini yaitu sebagai media yang memperjelas materi bilangan pecahan sehingga siswa lebih paham dan aktif serta memberikan inovasi terhadap pembelajaran dan membuat siswa cenderung tidak bosan karena dengan adanya media pembelajaran ini fokus siswa tidak hanya pada buku dan penjelasan guru yang cenderung membuat siswa merasa bosan. Tetapi siswa dapat melatih dan mengeksplor diri tentang pemahaman bilangan pecahan dengan menggunakan media ini. Papan pecahan juga berfungsi melatih psikis dan motorik siswa.
Dari hasil pengamatan guru, penggunaan media Fraction Board pada pembelajaran , memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas IV tentang pecahan. Media pembelajaran ini dapat diterapkan pada kelas rendah maupun kelas tinggi di jenjang sekolah dasar.
Rina Ekasari, S.Pd.SD
SD NEGERI WULUNGGUNUNG 1 KABUPATEN MAGELANG