Seorang guru dikatakan profesional apabila pandai dalam mengelola kelas dengan baik.Guru harus pandai dalam menyampaikan materi pembelajaran,harus menguasai dan terampil dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran yang akan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.Menurut Tols Toy (Darmansyah,2010) Belajar menyenangkan sangat perlu dalam proses pembelajaran karena sangat membantu peserta didik untuk bisa menjadikan bahan pembelajaran menjadi bermakna,memberi motivasi belajar dan menyediakan kepuasan belajar karena pembelajaran menyenangkan akan membuat anak merasa tidak terbebani dan di paksa untuk belajar .
Penggunaaan metode yang tepat sangat dibutuhkan oleh seorang guru agar tercipta suasana kelas yang menyenangkan.Guru harus bisa memilih metode yang sesuai dengan kondisi anak dan materi pelajaran yang akan di sampaikan.Sebagai guru kelas satu ,guru harus selalu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar anak-anak dapat dengan mudah menerima pelajaran tersebut.Dengan menggunakan metode yang tepat suatu pembelajaran akan mendapat hasil yang lebih maksimal.Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran yakni pengaturan kelas dan pengajaran itu sendiri.
Mengajar kelas 1 merupakan tugas yang amat berat,karena membutuhkan kesabaran tingkat tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran agar berhasil.Berbeda mengajar di kelas tinggi guru dapat berkonsentrasi ke arah pencapaian tujuan pembelajaran secara cepat,namun di kelas 1 guru harus lebih bersabar.Penulis sebagai guru kelas 1 di SD Negeri Pekandangan dalam pembelajaran setiap harinya menggunakan pembelajaran tematik.Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik karena anak-anak pada usia SD berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan sehingga pembelajarannya masih tergantung pada objek-objek konktit dan pengalaman yang di alami.
Beberapa siswa kelas 1 SD Negeri Pekandangan kurang berminat dalam mengikuti pelajaran.Penulis sebagai guru kelas 1 mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik.Metode pembelajaran yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan metode Fun Learning.Metode Fun Learning merupakan metode pembelajaran dimana seorang guru dapat menciptakan suasana hangat dan menyenangkan apapun yang kita ajarkan akan mudah diterima dengan senang hati dan ketika itu sesuatu mudah di terima maka anak akan mudah melakukan suatu perubahan.
Sebelum pelajaran di mulai siswa diberi kesempatan untuk melakukan eksperimen terhadap konsep-konsep dasar.Anak dibiarkan menemukan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak merasa tidak terbebani dengan berbagai pelajaran.Penerapan pelajaran yang menyenangkan adalah dengan memberikan pujian,saling humor dan menghadirkan permainan sesuai dengan materi pelajaran.Langkah yang dapat dilakukan dalam pembelajaran fun Learning:a. menyampaikan topik-topik pelajaran dan tujuan yang akan di capai.b.penjelasan tentang materi pelajaran.c.keterkaitan antara metode pembelajaran dengan pokok bahasan.d.pembelajaran di akhiri dengan pemberian PR pada siswa.
Seorang pendidik sejati adalah orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami,yang rumit menjadi mudah dimengerti atau yang sukar menjadi mudah dilakukan (Ralph Waldo Emerson).Keberhasilan dalam proses pembelajaran akan dapat mudah kita raih apabila guru dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan apapun yang guru ajarkan akan mudah diterima oleh siswa.Dengan metode Fun Learning diharapkan dapat meningkatkan minat belajar.Siswa akan lebih semangat dalam mengikuti pelajaran dan kelas akan menjadi hidup dengan pembelajaran yang menyenangkan.
Tarti Rahayu,S.Pd.SD
SD Negeri Pekandangan Kecamatan Banjarmangu Banjaregara