Gallery Walk Tingkatkan Reading Comprehension

Yuli Arisandi, S.Pd, M.Pd SMPN 2 Wanadadi
Yuli Arisandi, S.Pd, M.Pd SMPN 2 Wanadadi

JATENGPOS.CO.ID, – Kurikulum bahasa Inggris sekarang lebih menitik beratkan  kepada penguasaan menulis (writing)  dan membaca (reading). Oleh karena itu siswa kelas 7 diharapkan memperbanyak kosa kata untuk memberikan dasar penguasaan apada kedua keterampilan tersebut. Sementarafenomena penguasaan kosa kata yang rendah hampir merebak dimana-mana sehingga kemampuan mereka dalam memahami suatu bacaan sangat minim.

Untuk mengatasi hal tersebut guru bahasa Inggris di SMPN 2 Wanadadi meningkatkan pemahaman membaca siswa ( reading comprehension) melalui gallery walk.Gallery yaitu pameran, dimana didalamnya terdapat kegiatan untuk memperkenalkan, karya, produk atau gagasan ke masyarakat dalam hal ini karena disekolah dan khususnya di ruang kelas tentunya dipamerkan kepada teman-teamnnya sendiri.

Gallery Walk(kunjungan galery) adalah cara untuk mengingat dan menilai apa yang telah peserta didik pelajari. Tujuan model pembelajaran gallery walk adalah agar para anggota kelompok bisa berkontribusi dan mendengarkan pemikiran dan pandangan kelompok atau anggota yang lainnya. Daya emosional dan daya ingat peserta didik ditingkatkan untuk mendapatakan pengetahuan baru  jika melihat secara langsungkarya atau hal- hal yang berhubungan dengan bacaan yang pernah peserta didik baca.Gallery diciptakan setelah peserta didik selesai membaca dan membuat karya yang berhubungan dengan bacaan. Sebelum  pembuatan karya untuk galeri, peserta didik dapat mengkonsultasikan kira-kira karya apa yang bisa dibuat untuk sumber belajar yang dibaca kelompoknya.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Stad

Langkah-langkah gallery Walk: 1) Peserta didik dalam satu kelas dikelompokkan  yang masing-masing kelompok terdiri  4 orang. 2) Guru menjelaskan ruang lingkup materi yang di bahas dan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. 3) Guru membagi tugas membaca teks kepada masing- masing kelompok dengan materi yang berbeda-beda atau materi sama tapi tema yang berbeda-beda 4) Tiap kelompok mendiskusikan tugas yang guru berikan dibawah bimbingan guru 5)  Tugas membaca dilaksanakan diluar jam pelajaran di sekolah 6)  Peseta didik mengisi daftar kosa kata yang mudah dan yang sukar, kemudian menuliskan teks yang dibaca kategori pendek, sedang atau panjang,dan mengomentari kesan terhadap buku/ teks yang dibaca misalkan sangat sesuai, sesuai, kurang sesuai, tidak sesuaidengan materi yang ditugaskan apa tidak dan terakhir membuat produk bisa dalam bentuk flip charts, tabel, grafik,mind mapping, picture series, kartun, komik dll  (secara sederhana) yang mewakili isi dari teks yang dibaca.7) Produk di tempel di kertas warna kemudian di pajang 8) dua perwakilan kelompok mengunjungi gallery kelompok lain dua anggota kelompok tetap tinggal untuk presentasi (menjelaskan) setiap kali dikunjungi oleh kelompok yang lain.

iklan
Baca juga:  Picture and Picture dalam Pembelajaran Biologi

Gallery walkmeningkatkan kemampuan memahami bacaan. Dengan gallery walk sekaligus mengembangkan mengembangkan 4C (communicative, colaborative, critical thinking dan creativity),membiasakan peserta didik untuk belajar menghargai dan mengapresiasi hasil karya orang lain.

Yuli Arisandi, S.Pd, M.Pd
SMPN 2 Wanadadi
iklan