Masyarakat dunia memilki sifat yang dinamis. Mereka selalu berubah dan berkembang setiap saat. Seiring perkembangan teknologi perubahan masyarakat terjadi semakin cepat. Perubahan masyarakat terjadi baik sosial maupun budayanya. Perubahan yang sangat signifikan ini yang kadang membuat orang tidak sadar dan kurang mengetahuinya.
Begitu pesatnya perubahan itu dalam pembelajaran di kelas siswa banyak yang kurang memahami dan tidak peka. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan siswa tentang perubahan yang terjadi di dunia luar sana. Dari kondisi ini perlu kiranya ditempuh metode pembelajaran yang efektif untuk materi perubahan sosial budaya ini, dalam mata pelajaran IPS. Inquiri diperkirakan metode tepat untuk digunakan.
Pembelajaran metode inquiri adalah rngkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencaridan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan (Jumanta Hamdayama, 2014 : 31).
Prinsip dalam pembelajaran inquiri yaitu berorientasi pada pengembangan intelektual, proses interaksi, kemampuan bertanya jawab dan menjawab, proses berpikir, keterbukaan dalam kebebasan dalam mencoba untuk membuktikan kebenarannya.
Langkah-langkah dalam pembelajaran dalam metode inquiri sebagai berikut orientasi untuk membangun suasana pembelajaran yang responsif, merumuskan masalah untuk membawa siswa pada persoalan yang yang mengundang teka-teki, mengajukan hipotesis dengan mengajukan pertanyaan yang memotivasi siswa membuat jawaban sementara, mengumpulkan data dalam menjaring informasi, merumuskan kesimpulan yaitu menggabarkan hasil temuan yang diperoleh.
Materi pembelajaran perubahan sosial budaya kelas 9 mencakup hakikat perubahan sosial budaya, perbedaan dan hubungan perubahan sosial budaya, bentuk-bentuk perubahan sosial budaya, penyebab dan faktor terjadinya perubahan sosial dan budaya.
Penerapan materi perubahan sosial dan budaya dalam pembelajaran, siswa dikondisikan siap mengikuti pembelajaran. Guru memberikan teks tentang perubahan sosial dan budaya baik dari buku paket diperkaya dengan berbagai sumber terutama dari internet. Bisa berupa teks deskripsi maupun gambar-gambar tentang perubahan sosial dan budaya darii beberapa dekade waktu.
Berbagai sumber pembelajaan tersebut siswa merumuskan suatu masalah. Kemudian siswa diajak untuk membuat hipotesis tentang benarkah terjadi perubahan sosial dan budaya faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan.
Kegiatan inti pembelajaran dengan melibatkan semua siswa berdiskusi dalam kelompoknya. Guru memberikan informasi tentang perubahan sosial dan budaya berupa deskripsi dari buku siswa sebagai induk sumber materi pembelajaran berdasarkan kurikulum yang sudah ditetapkan pemerintah.
Untuk memperdalam materi sumber pembelajaran lain berupa gambar dan deskripsi teks lain dari internet. Langkah berikutnya siswa bersama kelompoknya akan mempertanggungjawabkan hasil diskusinya dengan mempresentasikannya di depan kelas untuk mencari penyelesaian masalah yang sudah dirumuskan di awal. Setiap hasil presentasi memberikan pengalaman belajar yang semakin banyak.
Evaluasi yang sudah disiapkan akan memberikan fakta apakah dengan metode inquiri akan menunjukkan hasil yang maksimal atau tidak. Tugas guru diakhir pebelajaran adalah memberikan penegasan agar hasil diskusi benar-benar mendapatkan inforasi yang akurat.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui metode inquiri dapat meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa dalam materi perubahan sosial dan budaya.
Diyani Siswandari, S.Pd.
Guru IPS SMP Negeri 1 Jatisrono