Metode bernyanyi adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan ketrampilan bahasa anak, sebab bahasa anak dapat berkembang cepat jika anak memiliki kemampuan dan didukung oleh lingkungan yang baik. Kreativitas mencipta nyanyi sesuai tema pembelajaran anak yang dilakukan oleh guru kelas 1 sekolah dasar sangat baik dilakukan untuk memudahkan anak memahami materi muatan pelajaran Bahasa Indonesia.
Metode bernyanyi berperan penting dalam pengembangan bahasa anak apabila dalam pelaksanaan lebih ditekankan dan lebih menstimulasi pada pengembangan bahasa anak. Melalui menyanyi yang sesuai perbendaharaan bahasa, kreativitas serta kemampuan anak berimajinasi dapat mengembangkan kognitif sehingga perkembangan inteligensinya dapat berlangsung dengan baik. Kenyataannya di lapangan guru mengalami kesulitan menemukan nyanyian yang sesuai dengan tema dan subtema pelajaran.
Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair syair yang dilagukan. Biasanya syair tersebut disesuaikan dengan materi yang diajarkan, mnurut pendapat ahli bernyanyi membuat suasana belajar menjadi riang dan bergairah sehingga perkembangan anak dapat di stimulasi secara optimal. Dengan uraian tersebut memberikan gambaran bahwa kegiatan bernyanyi tidak bisa terlepas dari anak kelas 1. Menurut pendapat (Masitoh, 2007) menyatakan bernyanyi pada dasarnya merupakan bakat alamiah yang dimiliki oleh seorang individu.
Kegiatan bernyanyi sering dikaitkan dengan pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran akan berlangsung menyenangkan karena bernyanyi begitu disukai oleh anak. Bernyanyi dapat menumbuhkan minat dan motivasi anak sehingga perkembangan bahasa anak akan berkembang dengan sebaik-baiknya.
Menurut (Kamtini, 2005) “Bernyanyi merupakan sarana pengungkapan pikiran dan perasaan, sebab kegiatan bernyanyi penting bagi pendidikan anak-anak, selain itu bernyanyi adalah kegiatan menyenangkan yang memberi kepuasan kepada anak-anak.” Dengan bernyanyi anak mudah memahami materi muatan pelajaran Bahasa Indonesia, sementara tanpa disadari anak perbendaharaan materi mereka semakin berkembang.
Guru dapat mengembangkan tema sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi. Tema yang dapat dikembangkan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada anak kelas 1 Sekolah Dasar yaitu Tema Diriku, Kegemaranku, Kegiatanku, Keluargaku, Pengalamanku, Lingkungan Bersih, Benda Hewan dan Tanaman, serta Peristiwa Alam.
Dalam metode bernyanyi dibutuhkan kegiatan yang dapat merangsang kemampuan berbahasa anak seperti stimulasi dan bimbingan yang akan meningkatkan kemampuan anak dalam pemahaman materi muatan pelajaran Bahasa Indonesia sehingga menjadi dasar utama untuk perkembangan anak yang selanjutnya, serta didukung oleh media-media yang kreatif untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif.
Dikemukakan (Dhieni, 2006) bahasa adalah alat penghubung atau komunikasi antara anggota masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang menyatakan pikiran, perasaan, dan keinginannya. Dari berbagai macam metode, kegiatan bernyanyi merupakan salah satu metode yang dapat mendukung perkembangan bahasa anak melalui kegiatan bernyanyi. Metode bernyanyi akan sangat berperan penting dalam memudahkan anak memahami materi muatan pelajaran Bahasa Indonesia apabila dalam pelaksanaannya lebih ditekankan dan lebih menstimulasi pada pengembangan materi. Sebelum bernyanyi anak dikenalkan materi muatan pelajaran terlebih dahulu, kemudian materi muatan pelajaran tersebut diubah liriknya menjadi lagu, dan alangkah lebih mudah apabila lagu yang dipilih adalah lagu-lagu yang sudah dikenal oleh anak.
Dengan metode bernyanyi, bukan hanya sebatas untuk menghibur anak dikala jenuhdalam proses pembelajaran, namun juga untuk mengembangkan kemampuan anak memahami materi muatan pelajaran Bahasa Indonesia.
Oleh :
Nanik Widayanti, S. Pd
SD Negeri Sragen 3, Sragen