Menulis merupakan salah satu ketrampilan dalam berbahasa. Dengan meulis orang bisa mengungkapkan sebuah pesan kepada khalayak ramai. Menurut Supriyanto (2016:41) Menulis merupakan aktivitas produktif dalam menyampaikan ide atau gagasan yang dituangkan dalam rangkaian kata sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Salah satu materi Bahasa Inggris pada siswa kels IX adalah menulis teks Report. Teks Report merupakan salah satu jenis essay text yang mempunyai fungsi untuk menggambarkan sebuah fakta ilmiah tentang benda, fenomena alam, binatang, serta mahluk hidup lainnya secara umum. Menulis teks report dijelaskan pada Kompetensi Dasar (KD.4.9) Menyusun teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan masih jauh dari harapan. Hal ini terlihat dari nilai ketrampilan Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada KD 4.9 tentang menulis report text. Dari nilai tersebut hanya beberapa siswa saja yang mendapatkan nilai diatas batas ketuntasan minimal. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian siswa terhadap penyampaian materi dan guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga menimbulkan kebosanan dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Salah satu alternatif media pembelajaran yang bisa digunakan dalam hal ini adalah Magic Card.
Menurut Rustono (2018:37) Magic Card merupakan sebuah media pembelajaran dengan bahan kertas karton tipis yang berbentuk persegi Panjang. Didalam karton diletakkan gambar gambar terkait materi report teks, seperti : gambar fenomena alam, hewan, bangunan kuno bersejarah dan lain sebagainya. Gambar gambar tersebut disusun secara menarik agar bisa menarik perhatian siswa yang melihat.  Bila tampilan yang menarik dan unik tersebut dibuka di dalamnya akan tampak sebuah gambar yang akan digunakan siswa sebagai media untuk membuat teks Report. Disitulah letak keajaiban kartu tersebut. Sehingga setelah menerima, membuka dan mencermati kartu tersebut siswa akan merasa senang, lebih bersemangat dan mudah menuangkan ide-idenya menjadi sebuah Teks report. Adapun langkah pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut : Pertama Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan KD yang akan dipelajari terkait menulis jenis teks report. Selanjutnya, Guru memberikan penjelasan terkait Fungsi Teks, Generic structure, serta ciri bahasa dalam report teks. Selanjutnya guru memberi penjelasan tentang media magic card dan penggunaan magic card yang akan digunakan siswa dalam meningkatan keterampilan menulis Report teks Setelah memberikan penjelasan secara detail tentang Report text dan media magic card, guru memberikan contoh teks berbentuk Repot dan bagaimana cara menulis Report text. Setelah kegiatan tanya jawab antara gurudan siswa tentang menulis teks berbentuk Report berlangsung, siswa mulai melakukan perintah guru menuliskan Report text berbahasa Inggris dengan menggunakan media magic card. Terakhir siswa mempresentasikan hasil tulisannya didepan kelas dan guru melakukan evaluasi bersama.
Penerapan media magic card dalam pembelajaran menulis teks report kelas IX di SMPN 1 Paninggaran terlaksana dengan baik. Hasil nilai praktik yang didapat sangat memuaskan. Rata rata kelas mencapai 89.50 dengan presentase ketuntasan 90.25%. selain itu pembelajaran bahasa inggris menjadi lebih hidup. Siswa bisa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga mereka bisa mendapatkan materi dari apa yang mereka lakukan dalam pembelajaran.
Alim Alimah, SPd
Guru SMPN 1 Paninggaran Kab.Pekalongan