Bagi manusia pendidikan sangatlah penting, karena pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayatnya. Tanpa pendidikan, manusia akan ketinggalan zaman dan sulit untuk berkembang. Upaya untuk meningkatkan pendidikan dengan berbagai perubahan terus berkembang, seperti kurikulum, strategi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar dan sebagaianya. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di sekolah, aktifitas guru dan siswa merupakan unsur utama dalam mencapai tujuan belajar, guru sebagai perencana pembelajaran harus dapat mengelola kelas secara efektif dan efisien, penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran di sekolah, dan dapat memberikan bekal kepada siswa untuk berprestasi .
Ada beberapa faktor lain yang menghambat sehingga prestasi belajar belum optimal dari hasil evaluasi siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Hal tersebut terlihat masih adanya siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pembelajaran di sekolah. Masih rendahnya nilai mata pelajaran Matematika, disebabkan karena media yang digunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi, perhatian siswa terhadap pelajaran belum maksimal diterima oleh siswa, sehingga diperlukan tindakan perbaikan untuk mengatasi hal tersebut.
Upaya perbaikan untuk meningkatkan belajar siswa menggunakan media papan pecahan dan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan di sekolah. Peningkatan mutu pembelajaran matematika di sekolah, diupayakan melalui pendekatan pembelajaran yang berpusat pada aktifitas siswa. Pendekatan pembelajaran ini menekankan pada pemberian kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi secara sederhana pada saat proses pembelajaran berlangsung .
Dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran matematika materi pecahan, diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam penyerapan ilmu dan lebih meningkatkan pemahaman bagi siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran tersebut siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, sehingga pengetahuan yang disampaikan guru akan cepat dipahami oleh siswa. Selain ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran, informasi atau pesan guru kepada siswa dapat tersampaikan.
Keberadaan media papan pecahan dan benda- benda konrit dalam pembelajaran berfungsi menimbulkan ketertarikan siswa untuk mempelajari dan mengetahui hal-hal pada media tersebut, Media sebagai perantara guru dan siswa, dalam hal ini media untuk menjembatani antara guru dan siswa. Media sebagai informasi yang disampaikan guru kepada siswa. Dengan keberadaan media pembelajaran yang bervariasi, siswa dapat menerima penjelasan yang disampaikan oleh guru di kelas.
Sebagai guru harus memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan baik, termasuk kemampuan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, menarik dan memanfaatkan benda- benda konrit dalam kehidupan sehari-hari pada proses belajar mengajar di sekolah. Proses belajar mengajar yang tepat dan bermakna sangat menunjang efektifitas dan efisiensi pelaksanaan pembelajaran di sekolah, sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal
Ada beberapa faktor lain yang dapat mendukung suksesnya proses kegiatan belajar mengajar di sekolah yaitu tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Siswa yang aktif dalam mengikuti pelajaran dapat diketahui bahwa siswa tersebut mempunyai semangat, kemauan, dan keseriusan dalam belajar. Dengan memanfaatkan media papan pecahan yang bervariasiasi dan benda – benda konret dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan keaktifan siwa dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan di sekolah.
Anung Khasanah, S.Pd.SD
SDN Jatimalang, Purwodadi, Purworejo
a