Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa, dengan Menggunakan Aplikasi SOM

Sistem pembelajaran Belajar dari Rumah (BDR) menjadi salah satu aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pada dunia pendidikan di negara kita di masa pandemi covid-19 yang melanda hampir dua tahun ini. Guru harus mengganti pola pembelajaran yang sesuai yaitu tatap muka langsung ( luring ) dengan sistem daring ( dalam jaringan ) atau online agar proses pembelajaran tetap berlangsung.  Memang aturan atau kebijakan itulah yang sangat baik diambil pada masa-masa sekarang ini. Dengan diterapkannya Belajar dari Rumah (BDR), guru harus lebih kreatif dan inovatif, agar pembelajaran tidak membosankan, dan anak merasa malas serta jenuh karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu guru harus dituntut untuk tetap dapat membangkitkan minat belajar siswa walaupun pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring, salah satunya dengan membuat media pembelajaran secara online dan memanfaatkan jaringan internet yang ada.

Baca juga:  Tanamkan “ Writing “ siswa SMP sejak dini

Media pembelajaran online dapat dibuat dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi video, seperti Kine Master, Canva, Slide Show dan lain-lain. Di kelas VI SDN Gumingsir, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, guru membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Screencast O-Matic ( SOM ) yang dilengkapi animasi agar siswa tertarik dan tidak merasa bosan, dan tentunya agar materi yang diajarkan dapat dipahami dengan baik sehingga dapat menghasilkan output yang diharapkan. SOM adalah salah satu aplikasi screen capture recording, yang dapat merekam layar komputer atau laptop dengan hanya beberapa langkah saja dan dapat dengan mudah dan cepat merekam layar untuk membuat tutorial video atau video pembelajaran. Aplikasi SOM dapat mengubah hasil power point ke dalam bentuk video pembelajaran yang menarik. Langkah-langkah dalam membuat video pembelajaran dengan aplikasi SOM adalah,    pertama unduh aplikasi SOM dari internet, ketikkan saja Screencast O Matic pada mesin pencari, kemudian instal dan simpan dalam perangkat komputer atau laptop. Langkah kedua, buatlah file pembelajaran yang menarik dalam bentuk power point dengan diberi banyak animasi atau image untuk menarik minat belajar siswa dan rekam dengan SOM. Setelah muncul kotak SOM untuk merekam suara, web camera dan mulailah proses perekaman oleh guru dari power point menjadi video pembelajaran. Perekaman menggunakan kamera agar guru bisa terlihat dan tampil pada layar monitor menjadi pemateri atau pengajar, sehingga siwa akan lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran karena seolah ada guru yang mendampingi. Terakhir, hasil video pembelajaran disimpan pada file, klik publish as file, bila ingin langsung diunggah ke internet tinggal klik publish as SOM atau Youtube. Hasil perekaman mengubah power point menjadi video pembelajaran  siswa yang menarik dalam bentuk MP4. Https://radarsemarang:jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/12/15, 21-09-2021.

Baca juga:  “ Karpal” Tumbuhkan Siswa SD Gemar Membaca

Sebelum menggunakan media video pembelajaran siswa hanya mendengarkan guru, atau mungkin hanya membaca materi yang dibagikan oleh guru, dan mengerjakan banyak sekali tugas, siswa merasa malas dan jenuh sehingga pembelajaran tidak berhasil dan tidak sesuai apa yang kita harapkan sebagai guru. Pembelajaran menggunakan video dari aplikasi SOM, terbukti lebih menarik siswa dalam pembelajaran jarak jauh ( PJJ ), siswa menjadi lebih bersemangat karena walaupun pembelajaran daring tetapi mereka dapat melihat gurunya dalam video pembelajaran. Jangan biarkan siswa-siswi kita menjadi generasi pandemi yang malas, mager, PW, bahkan tidak produktif, yang kesehariannya hanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game online. Save Education !!!

Oleh :

iklan
Baca juga:  JAS, Tingkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi

Samsul Nurfaidah, S.Pd. SD

Guru Kelas VI SDN Gumingsir – Wanadadi

Banjarnegara 

iklan