Era digital adalah masa dimana semua kegiatan dipermudah dengan adanya teknologi. Begitu juga dengan pembelajaran yang dilaksanakan di masa pandemi ini. Dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring atau online dengan memanfaatkan HP atau laptop.
Pembelajaran secara daring lebih banyak memanfaatkan media pembelajaran yang berbentuk audio visual. Kondisi yang demikian, menjadikan minat baca siswa menjadi rendah. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas 6 SD Negeri 1 Ngoyog Tahun Pelajaran 2021/ 2022.
Minat baca siswa yang rendah menjadikan kebiasaan membaca yang rendah, dan kebiasaan ini menjadikan kemampuan membaca menjadi rendah. Kondisi ini mengharuskan seorang guru untuk bisa memberikan motivasi kepada siswanya.
Minat Baca. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Susanto (2013:58) menyatakan bahwa, minat merupakan dorongan dalam diri seseorang atau faktor yang menimbulkan ketertarikan atau perhatian secara efektif, yang menyebabkan dipilihnya suatu objek atau kegiatan yang menguntungkan, menyenangkan, dan lama-kelamaan akan mendatangkan kepuasaan dalam dirinya. Sedangkan minat baca adalah perasaan senang yang sangat kuat dalam kegiatan
membaca yang membutuhkan stimulus untuk mewujudkannya menjadi suatu
kebiasaan (Ginting, 2005). Dari pendapat di atas, seorang guru harus bisa menumbuhkan minat baca siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik salah satunya yaitu dengan menggunakan media poster.
Menurut Sabri (dalam Musfiqon, 2012:85) poster merupakan penggambaran yang ditunjukkan sebagai pemberitahuan, peringatan, maupun penggugah selera yang biasanya berisi gambar-gambar. Poster merupakan suatu gambar yang mengkombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bermaksud menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat (Sri Anitah, 2008:12).
Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa media poster secara umum adalah suatu pesan tertulis baik itu berupa gambar maupun tulisan yang ditujukan untuk menarik perhatian banyak orang sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima orang lain dengan mudah. Begitu juga dengan siswa, jika media poster dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran.
Pemanfaatan media poster untuk pembelajaran dibagi menjadi dua. Yang pertama, digunakan sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar ketika guru memberikan penjelasan tentang materi . Dan yang kedua, digunakan di luar pembelajaran sebagai alat untuk memberikan motivasi kepada siswa. Motivasi yang bisa berupa peringatan, ajakan untuk melakukan sesuatu yang positif, dan penanaman nilai-nilai sosial dan keragaman.
Guru bisa membuat media poster yang menarik, yang berisi materi-materi pembelajaran, sehingga siswa menjadi tertarik untuk membaca dan menjadikan membaca menjadi suatu kebiasaaan. Dengan penyajian media poster yang menarik maka dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas 6 SD Negeri 1 Ngoyog Tahun Pelajaran 2021/ 2022.
Fajar Isnaini Kusuma Dewi, S. Pd.
Guru Kelas SDN 1 Ngoyog, Kec. Andong, Kab. Boyolali