Mata pelajaran IPS di sekolah di anggap sebagai pelajaran yang sangat mudah baik siswa SD,SMP,SMA. Sehingga anak malas untuk mendengarkan bapak ibu ,guru kalau mengajar. Apalagi pelajaran IPS itu di anggap siswa pelajaran mengahafal dan membosankan . Tujuan pembelajaran IPS yaitu agar siswa dapat memiliki ketrampilan, dan memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitarnya.
Bagi siswa pelajaran IPS adalah pelajaran yang di kaitkan dengan pelajaran menghafal tahun,nama tokoh sehingga pelajaran yang membosankan dan tidak menarik ,karena di lakukan hanya teori saja. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran ips.Pelajaran IPS bukan sekedar pelajaran menghafal ,tapi menuntut siswa untuk memiliki ketrampilan dan memecahkan masalah masalah.
Pindidikan IPS di sekolah di harapkan siswa dapat mempelajari diri sendiri secara langsung di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya yaitu prases mencari tahu dan berbuat . Pembelajaran di sekolah itu berpusat pada siswa bukan pada guru ,guru hanya sebagai fasitator saja .
Sehingga guru mengajar menbuat suasana yang menyenangkan membuat siswa menyadi subyeknya sehingga suasana kelas menyadi meyenangkan .Problem yang mendasar dari pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada aspek pengetahuan , konsep konsep yang bersifat menghafal belaka. Biasanya dalam pembelajaran IPS siswa kurang antusias ,terlihat bosan bahkan ada yang mengantuk ketika mengikuti pembelajaran IPS karena yang di gunakan guru hanya ceramah dan tanya jawab saja . Sehingga sulit siswa untuk memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Untuk itu guru harus pandai pandai memilih model pembelajaran yang menyenangkan siswa . seperti siswa di buat model dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial .
Untuk dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran ips dengan menggunakan beberapa cara antara lain ; membuat pembelajaran di luar kelas,menggadakan basar , latian berjualan , mengadakan penelitian dan observasi .Siswa . Hal ini menumbuhkan siswa untuk kreatif . Serta menyiapkan siswa untuk mengikuti OSN olimpiade sains Nasional meliputi 3 mapel yaitu IPA,IPS, Matematika .
Ketiga mapel inilah yang pelajaran yang kurang di minati anak anak adalah pelajaran IPS ,yang sifatnya menghafal. Di sini guru harus pandai pandai menggunakan stategi pembelajaran yang menyenangkan agar siswa senang untuk belajar IPS.Kadang siswa itu bosan jika metode yang di ajarkan itu itu saja, ceramah ,tanya jawab, diskusi, presentasi. Sebisa mungkin pembelajaran itu bervariasi . Untuk menarik siswa di beri motivasi misalnya di beri hadiah .
Guru ilmu pengetahuan sosial harus menyajikan pembelajaran dengan menggunakan model yang relevan adalah cooperative learning. Siswa tidak hanya menghafal dan pengetahuan yang bersifat mengklasifikasi, menganalisis dan mengolah berdasarkan sumber sumber yang yang mereka terima. Pelajaran ilmu pengetahuan sosial , merupakan pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial , lingkungan ,dan ke butuhan ekonomi manusia,kebudayaan manusia, serta peristiwa masa lampau.
Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terdiri dari beberapa ilmu antara lain ,sejarah , sosologi, geografi,ekonomi.Hal ini yang dianggap siswa pelajaran yang membosankan . Untuk mencapai pembelajaran ilmu pengetahuan sosia di sekolah maka perlu di organisasikan dengan baik. Agar siswa mencintai pelajaran ilmu pengetahuan sosial baik untuk dirinya sendiri maupun untuk masyarakat pada umumnya. Perubahan perubahan yang terjadi di masyarakat sebagai dampak perubahan globalisasi kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi seperti sekarang ini.
Romlah, S.Pd.
Guru SMP 3 Bae Kudus