Metalgo Sebagai Media Menggambar Bangunan

Nanang Abdullah, S.Pd. Guru SMK N 2 Kendal
Nanang Abdullah, S.Pd. Guru SMK N 2 Kendal

JATENGPOS.CO.ID, – Dalam memenuhi tantangan global dibutuhkan terobosan baru dalam dunia pendidikan yang akan memberikan jawaban atas tantangan-tantangan dimasa yang akan datang. Seperti halnya dengan berkiblat pada dunia konstruksi dalam era MEA dibutuhkan startegi baru untuk bisa bersaing dalam kancah ASEAN sekarang ini.

Augmented  Reality, yaitu sebuah program visualisasi objek kedalam dunia nyata yang berfungsi sebagai sebagai salah satu alat untuk berkomunikasi antara konsultan dan user dengan memperlihatkan tampilan sebenarnya yang akan dikerjakan dalam proyek berbentuk gambar 3 dimensi yang bisa diakses dari semua sisi merupakan salah satu trend yang sedang berkebang didunia industri konstruksi era digital saat ini.

Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik teknik gambar bangunan dalam pemahaman gambar yang komplek menjadikan peserta didik kurang begitu tepat dalam menyajikan gambar yang mereka tuangkan kedalam gambar kerja mereka.

Baca juga:  Guru BK Mati Gaya ?

Masalah diatas  akan coba  diatasi dengan penerapan media METALGO  untuk meningkatan minat dan hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak pada peserta didik kelas XI TGB 1 SMK N 2 Kendal Semester 1 Tahun Pelajaran  2017/2018.


METALGO merupakan singkatan dari Augmented  reality Gambar Objek.   Augmented  reality (AR)  atau  dalam  bahasa  Indonesia  “Realitas Tertambah”  adalah  teknologi  yang  menggabungkan  benda  maya  dua dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. (Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah)

Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah menerima pengalaman belajarnya (Sudjana, 2004: 22). Hasil belajar mencakup segala kemampuan yang dapat dicapai peserta didik melalui proses belajar yang berupa pemahaman dan penerapan pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi peserta didik dalam kehidupannya sehari-hari serta sikap dan cara berpikir kritis dan kreatif.

Baca juga:  Budaya Literasi Lewat Mading

Atas dasar pemikiran tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini yaitu  : 1) Seberapa Banyak peningkatkan minat belajar menggambar perangkat lunak setelah menerapkan media METALGO  pada peserta didik Kelas XI TGB 1  SMK Negeri 2 Kendal semester  1 tahun pelajaran  2017/2018? ; 2) Seberapa banyak peningkatan hasil belajar menggambar perangkat lunak setelah menerapkan media METALGO pada peserta didik kelas XI TGB 1  SMK Negeri 2 Kendal semester  1 Tahun Pelajaran  2017/2018?.

Dari hasil penelitian yang pernah penulis lakukan menunjukkan penerapan media METALGO terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak pada peserta didik kelas XI TGB1 SMK N 2 kendal semester 1 tahun pelajaran 2017/2018.

Baca juga:  Metode Diskusi Tingkatkan Hasil Belajar PPKn

Simpulan dari penelitian ini : 1) Penerapan media METALGO  terbukti dapat meningkatkan minat belajar menggambar dengan perangkat lunak pada peserta didik kelas XI TGB1 SMK N 2 kendal semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dengan pencapaian sebesar 87,88% (indikator kerja 80%); 2) Penerapan media METALGO  terbukti dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak pada peserta didik kelas XI TGB1 SMK N 2 kendal semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dengan pencapaian sebesar 96,97% (indikator kerja 75%);

Berdasarkan kesimpulan diatas guru paket keahlian teknik gambar bangunan  supaya dapat menerapan media METALGO  sebagai media pembelajaran menggambar dengan perangkat lunak , sebagai upaya untuk menjawab tantangan jaman milenia.

Nanang Abdullah, S.Pd.
Guru SMK N 2 Kendal