Metode Demonstrasi Tingkatkan Hasil Belajar

Sulistiani Tutiatun S.Ag. Guru : SMP N 1 Sidoharjo
Sulistiani Tutiatun S.Ag. Guru : SMP N 1 Sidoharjo

  Pemilihan metode pengajaran yang tepat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh seorang pendidik. Metode merupakan suatu cara atau teknik yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga mempercepat pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai kriteria ketuntasan minimal. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti lebih bermakna bila seorang pendidik memilih metode demonstrasi.

 Menurut Roestyah ( 1991: 83) mengemukakan bahwa demonstrasi adalah cara mengajar di mana seorang guru menunjukkan atau memperlihatkan suatu proses.

Berdasarkan  pengertian di atas dapat dinyatakan bahwa metode demonstrasi suatu metode yang menunjukkan proses terjadinya sesuatu,agar pemahaman siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Siswa dapat mengamati apa yang diperlihatkan guru selama pelajaran berlangsung. Metode ini sering digunakan karena merupakan metode yang sangat baik dan efektif dalam menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan yang sifatnya pemahaman  dan praktik sebagaimana yang diterapkan dalam materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Melalui Problem Posing

Tujuan penggunaan metode demontrasi   untuk mewujudkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ,menghindari  kesalahan dalam memahami konsep-konsep, meningkatkan motivasi belajar ,serta dapat melatih kecakapan siswa dalam menganalisa sesuatu yang dialami atau didemonstrasikan bahkan siswa akan merasa lebih terkesan karena siswa mengalami sendiri. Sehingga akan lebih mendalam dan lebih lama disimpan dalam pikiran tentang sesuatu proses yang terjadi.

iklan

Keunggulan metode demonstrasi adalah :1. Siswa  memperoleh gambaran yang lebih  jelas mengenai proses sesuatu yang telah didemonstrasikan.2.Perhatian siswa  lebih mudah dipusatkan pada hal-hal  penting yang sedang dibahas.3. Mengurangi kesalahan pengertian antara anak dan guru bila dibandingkan dengan ceramah  dan tanya jawab,karena dengan demonstrasi siswa  dapat mengamati sendiri dari proses sesuatu.4. Memberi  kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan  apa yang telah didemonstrasikan

Baca juga:  SETS, Meningkatkan Antusias Belajar Siswa

     Dampak positif pembelajaran dengan metode  demonstrasi yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang pada akhirnya akan membawa pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa  dan rata-rata jawaban siswa tertarik dan berminat dengan metode ini.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, banyak kompetensi dasar yang dapat didemontrasikan terutama dalam ibadah seperti pelaksanaan salat, haji, dan zakat. Apabila teori tentang ibadah yang betul dan baik dikuasai siswa maka siswa tinggal mendemontrasikan sementara guru akan mengamati setiap langkah yang dikerjakan siswa. Apabila siswa melakukan kesalahan guru akan memperbaikinya, dengan demikian siswa akan terkesan mendalam dalam mempelajari kompetensi tersebut.

Baca juga:  Asyiknya Belajar IPS dengan Metode Karya Wisata

Dengan demikian  metode demonstrasi adalah salah satu metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu dengan jalan  mendemonstrasikan terlebih dahulu. Metode ini dapat menghilangkan varbalisme sehingga siswa akan semakin memahami materi pelajaran .yang pada gilirannya pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Sulistiani Tutiatun S.Ag.

Guru : SMP N 1 Sidoharjo

iklan