Pemilihan metode pengajaran yang tepat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh seorang pendidik. Metode merupakan suatu cara atau teknik yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga mempercepat pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai kriteria ketuntasan minimal. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti lebih bermakna bila seorang pendidik memilih metode demonstrasi.
Menurut Roestyah ( 1991: 83) mengemukakan bahwa demonstrasi adalah cara mengajar di mana seorang guru menunjukkan atau memperlihatkan suatu proses.
Berdasarkan pengertian di atas dapat dinyatakan bahwa metode demonstrasi suatu metode yang menunjukkan proses terjadinya sesuatu,agar pemahaman siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Siswa dapat mengamati apa yang diperlihatkan guru selama pelajaran berlangsung. Metode ini sering digunakan karena merupakan metode yang sangat baik dan efektif dalam menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan yang sifatnya pemahaman dan praktik sebagaimana yang diterapkan dalam materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Tujuan penggunaan metode demontrasi untuk mewujudkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ,menghindari kesalahan dalam memahami konsep-konsep, meningkatkan motivasi belajar ,serta dapat melatih kecakapan siswa dalam menganalisa sesuatu yang dialami atau didemonstrasikan bahkan siswa akan merasa lebih terkesan karena siswa mengalami sendiri. Sehingga akan lebih mendalam dan lebih lama disimpan dalam pikiran tentang sesuatu proses yang terjadi.
Keunggulan metode demonstrasi adalah :1. Siswa memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai proses sesuatu yang telah didemonstrasikan.2.Perhatian siswa lebih mudah dipusatkan pada hal-hal penting yang sedang dibahas.3. Mengurangi kesalahan pengertian antara anak dan guru bila dibandingkan dengan ceramah dan tanya jawab,karena dengan demonstrasi siswa dapat mengamati sendiri dari proses sesuatu.4. Memberi kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan apa yang telah didemonstrasikan
Dampak positif pembelajaran dengan metode demonstrasi yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang pada akhirnya akan membawa pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa dan rata-rata jawaban siswa tertarik dan berminat dengan metode ini.
Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, banyak kompetensi dasar yang dapat didemontrasikan terutama dalam ibadah seperti pelaksanaan salat, haji, dan zakat. Apabila teori tentang ibadah yang betul dan baik dikuasai siswa maka siswa tinggal mendemontrasikan sementara guru akan mengamati setiap langkah yang dikerjakan siswa. Apabila siswa melakukan kesalahan guru akan memperbaikinya, dengan demikian siswa akan terkesan mendalam dalam mempelajari kompetensi tersebut.
Dengan demikian metode demonstrasi adalah salah satu metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu dengan jalan mendemonstrasikan terlebih dahulu. Metode ini dapat menghilangkan varbalisme sehingga siswa akan semakin memahami materi pelajaran .yang pada gilirannya pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Sulistiani Tutiatun S.Ag.
Guru : SMP N 1 Sidoharjo