Pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di lingkungan sekolah. Karena pelajaran Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang harus diujikan dalam Ujian Nasional. Bahasa Inggris merupakan Bahasa Asing, oleh karena itu banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. Mereka memiliki persepsi bahwa Bahasa Inggris itu sulit. Oleh karena itu mereka enggan dan tidak berminat untuk belajar Bahasa Inggris. Guru berusaha agar supaya peserta didik meninggalkan persepsi tersebut. Salah satunya dengan pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode Games (permainan).
Metode Games (permainan) menurut Arisnawati (2009,dalam Saefudin et all,2012) adalah cara yang digunakan oleh guru dalam menyajikan pelajaran dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, serius tapi santai, dengan tidak mengabaikan tujuan pelajaran yang hendak dicapai. Beberapa contoh games dalam Bahasa Inggris ; Hangman Games (tebak kata), Simon Says (memberi perintah), Word Match (mencocokan kata), Observer and Remember ( mengamati dan mengingat), Blindfold Games, What Missing Games, Crossword Puzzle Games (teka teki silang) dan masih banyak games yang lain dalam Bahasa Inggris. Adapun manfaat dari metode Games; (a) membangkitkan minat peserta didik. (b) memupuk dan mengembangkan rasa kerja sama.(c) mengembangkan kreatifitas peserta didik. (d) menumbuhkan kesadaran peserta didik.
Dalam rangka meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris khususnya di kelas 8G SMP Negeri 2 Baki Penulis menerapkan metode Games / permainan . Hal ini penulis lakukan karena sewaktu pelajaran menulis atau writing banyak peserta didik yang enggan, malas dan tidak berminat. Penulis kemudian menggunakan metode permainan yaitu dengan memberikan crossword puzzle atau teka-teki silang dan harus dikerjakan oleh 6 kelompok peserta didik ( tiap kelompok terdiri dari 5 peserta didik). Cara memainkan crossword puzzle peserta didik hanya perlu menjawab pertanyaan dan mengisikannya di kotak-kotak putih dengan jawaban yang sesuai. Ternyata dengan games tersebut peserta didik menjadi antusias dan berminat untuk belajar Bahasa Inggris. Mereka punya keinginan untuk bisa menjawab dan mengisikan kotak-kotak putih dengan jawaban yang sesuai baik secara Cross (Mendatar) dan Down (Menurun). Setiap kelompok saling berebut untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh penulis dengan mengacungkan jari dan berkeinginan untuk menuliskan jawabannya di papan tulis. Manfaat dari permainan ini untuk pembelajaran Bahasa Inggris tentu adalah untuk memperkaya kosakata dalam berbahasa Inggris.
Selain itu crossword puzzle dapat melatih daya ingat, hal ini dikarenakan ketika peserta didik menjawab pertanyaan dari crossword puzzle, mereka harus mengingat memory yang sudah tersimpan di dalam otak.Selain itu dengan bermain crossword puzzle, mereka bisa saja mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah mereka tahu sebelumnya. Wawasan baru dan pastinya adalah kosa kata Bahasa Inggris yang baru.
Dengan perubahan cara belajar tersebut dari malas dan enggan berubah menjadi antusias , penulis menyimpulkan bahwa penerapan metode Games / permainan bisa meningkatkan minat belajar peserta didik karena metode tersebut menciptakan suasana yang menyenangkan, serius tapi santai dengan tidak mengabaikan tujuan pelajaran yang hendak dicapai. Selain itu crossword puzzle juga bisa menghilangkan rasa bosan dan penat ketika belajar Bahasa Inggris.
Hayati Istiyaningsih,S.Pd.M.Pd
Guru Bahasa Inggris
SMP Negeri 2 Baki, Sukoharjo