Microsoft Office Sway Tingkatkan Motivasi Belajar Otomotif

Bagus Maidi, S.Pd.,M.Pd.

Masa pandemi covid-19  Pemerintah menetapkan PPKM di beberapa daerah. Hal ini menuntut pembelajaran dilaksanakan Melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. PJJ merupakan pembelajaran yang dilaksanakan terpisah antara pendidik dan peserta didik yang memanfaatkan berbagai media belajar. Tingkat motivasi dalam pembelajaran di kelas 12 jurusan TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif)  SMK Negeri 1 Miri pada materi belajar PKKR (Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan) tahun  2020-2021 masih rendah hanya 65% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran, berdasarkan hal tersebut perlu adanya perubahan pembelajaran yakni menggunakan media pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi sesuai Office Sway  pada Microsoft Office 365 atau Office online  pada materi pembelajaran kelistrikan otomotif.

Menurut Azhar Arsyad (1997: 26), Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Bentuk media pembelajaran dapat berupa media fisik dan media pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).  Media tersebut memanfaatkan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengefektifkan kegiatan pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran berbentuk aplikasi pada Microsoft Office 365 antara lain aplikasi Office Sway.  Aplikasi tersebut sangat cocok untuk pembelajaran jarak jauh pada masa pada masa pandemi covid 19 ini karena siswa dapat mengakses materi dari rumah melalui HP atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

Baca juga:  Metode Cooperative Script dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menyimak Cerita

Microsoft Office Sway adalah aplikasi presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Office Sway merupakan salah satu program di Microsoft Office 365 yang berbasis Cloud atau awan (sudarmoyo: 2018) Office Sway bukan software yang di-install pada komputer atau HP tetapi aplikasi yang berbasis web aplikasi ini memberi kemudahan bagi guru dalam membuat laporan atau presentasi serta banyak hal lainnya. Dengan Office Sway, tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pemformatan. Mesin desain bawaan akan membantu menyempurnakan kreasi guru. Jika desain awal tidak sesuai, guru dapat dengan mudah menerapkan desain lain atau sepenuhnya mengubah tata letak sesuai keinginan. dengan tampilan yang lebih menarik serta mudah untuk digunakan sehingga materi pembelajaran menjadi menarik dan mudah untuk dipahami peserta didik. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah harus memiliki akun Microsoft Office yang bisa dibuat dengan gratis.

Baca juga:  “Sorongan “ Tingkatkan Hafalan Q.S Ali Imran Ayat 159

Langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi Office Sway antara lain: diawali dengan membuat template yang baru, langkah berikutnya dengan memilih tempat kosong untuk membuat judul serta gambar atau video yang cocok sesuai dengan tema yang dibuat. Kemudian Tambahkan bagian-bagian yang lain seperti subtema dengan disisipi gambar yang sesuai dengan materi, lanjut sampai subtema berikutnya. kita dapat memberikan tambahan foto dan video di akhir templet yang kita ambil melalui media pencarian pada aplikasi  bing secara online. Pada aplikasi Office Sway tersebut guru bisa merubah desain atau tampilan yang menarik baik warna maupun gambar yang disukai. Materi yang telah selesai dibuat kemudian dibagikan pada siswa dengan  membuat Link Office Sway melalui Microsoft Office 365, kemudian membagikannya dalam WhatsApp group kelas dan siswa dapat membuka link tersebut sebagai media pembelajaran dengan perangkat HP yang terhubung dengan internet.

iklan
Baca juga:  Pembelajaran Kontekstual Tingkatkan Kemampuan Representasi Matematis

Dengan diterapkannya aplikasi Office Sway pada pembelajaran PKKR di kelas 12 Jurusan TKRO SMK Negeri 1 Miri secara daring menjadi lebih menarik dan materi mudah dipahami oleh siswa sehingga berimplikasi pada meningkatnya motivasi belajar dalam mengikuti proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari 65% menjadi 92%.

 

Oleh  :

Bagus Maidi, S.Pd.,M.Pd.

Guru Produktif, SMK N 1 Miri Sragen

iklan