Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif Untuk Kelas VI SD Berbasis Planetarium

LAILATUL QODRIYAH, S. Pd. SDĀ 

Pembelajaran interaktif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengacu pada interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dengan menggunakan media atau sumber belajar. Pada pembelajaran ini lebih ditekankan pada pertanyaan yang diajukan oleh siswa. Tujuan utama dari pertanyaan tersebut adalah untuk meningkatkan daya pikir siswa, meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman siswa terhadap materi.

Proses pembelajaran media digital merupakan salah satu sarana yang dapat menarik perhatian siswa, karena media belajar digital tidak membuat siswa bosan dan dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan serta meningkatkan interaksi antara guru dan siswa.

Implementasi media digital Planetarium di kelas adalah seorang guru yang tahu bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan interaktif sehingga siswa termotivasi untuk sekadar bertanya dan aktif dalam hal-hal yang menarik minat mereka pada mata pelajaran tersebut. Media digital memiliki dampak yang besar terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan keterbatasan yang ada, pemanfaatan media digital untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Media digital dapat berupa apa saja yang disesuaikan dengan materi pendidikan, salah satunya adalah planetarium.

Baca juga:  Snowball Throwing Bantu Selesaikan Soal-soal Lingkaran

Secara sederhana, belajar dapat diartikan sebagai usaha untuk mempengaruhi seseorang secara emosional, intelektual dan spiritual agar mau belajar untuk dirinya sendiri. Melalui pembelajaran, moral agama, tindakan dan kreativitas siswa dikembangkan melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Belajar berbeda dengan mengajar yang pada dasarnya menggambarkan perbuatan guru, sedangkan belajar menggambarkan perbuatan siswa.


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong upaya untuk menciptakan manusia yang berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas manusia adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi informasi, seperti berkembangnya lingkungan belajar digital, sebaiknya guru masa kini atau calon pendidik memahami e-learning. Karena pendidik membutuhkan pelatihan online untuk mempersiapkan pembelajaran di masa depan atau situasi dan keadaan tertentu.

Baca juga:  Strategi Active Knowledge Sharing Tingkatkan Hasil Belajar PAI-BP

Upaya peningkatan aktivitas siswa melalui inovasi penggunaan media digital planetarium dapat lebih menghemat waktu melalui aplikasi yang beragam dan fleksibel, tersedia di mana saja dan kapan saja. Inovasi media dan metode pembelajaran yang secara tidak langsung dilakukan guru dapat mengubah siswa yang semula pasif menjadi aktif. Faktor internal dan eksternal siswa juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, seperti karakter, cara berpikir dan perilaku siswa, hobi, lingkungan sehari-hari dan kepribadian siswa itu sendiri.

 

LAILATUL QODRIYAH, S. Pd. SDĀ Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā 

GURU SD NEGERI 2 PLATAR KEAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA