Salah satu dampak covid 19 dalam dunia pendidikan adalah siswa dan guru harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Guru dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran secara daring, sehingga dapat mengatasi tingkat kejenuhan dan kebosanan siswa yang terus menerus. Siswa dituntut untuk mengikuti pembelajaran secara daring dan menyelesaikan tugas yang diberikan guru secara tuntas. Tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang berbeda-beda dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi siswa mengikuti pembelajaran daring semakin menurunkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kurang maksimal.
Pada pembelajaran PJOK materi gerak dasar passing bawah kelas IV SD Negeri Gentingsari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung, guru memodifikasi media dan pendekatan bermain passing bawah bola voli dengan istilah Lingding. Lingding berarti lingkaran dinding, garis lingkaran yang dibuat dengan kapur tulis di dinding tembok luar rumah siswa sebagai target perkenaan bola hasil passing bawah siswa. Dalam pembelajaran materi passing bawah bola voli, masih ditemukan siswa yang kurang minat dan tidak sungguh-sungguh melakukan pasing bawah karena gerak yang monoton dan mengakibatkan tangan terasa sakit saat perkenaan bola. Dan masih banyak siswa yang belum bisa melakukan gerak dasar passing bawah bola voli dengan baik dan benar. Untuk mengatasi masalah tersebut guru menggunakan modifikasi lingding sebagai solusinya.
Menurut Adang Suherman (2000:41), Modifikasi adalah menganalisa sekaligus mengembangkan materi pembelajaran dengan cara menurunkannya dalam bentuk aktifitas belajar yang potensial untuk memperlancar siswa dalam proses belajar. Cara ini dimaksudkan untuk menuntun, mengarahkan, dan membelajarkan siswa dari yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, dari tingkat yang tadinya rendah menjadi lebih tinggi. Rusli Lutan (2001:32) menyatakan bahwa modifikasi dalam mata pelajaran pendidikan jasmani diperlukan, dengan tujuan agar siswa memperoleh kepuasan dalam mengikuti pelajaran, meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam dalam berpartisipasi dan dapat melakukan pola gerak secara benar. Pendekatan ini dimaksudkan agar materi dapat disajikan sesuai dengan tahapan perkembangan siswa, baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
Passing bawah merupakan dasar dari permainan bola voli. Passing bawah banyak manfaatnya antara lain: menerima servis, menahan pukulan smash dan memberikan umpan ke teman. Passing bawah adalah pukulan passing yang dilakukan pemain dengan menggunakan lengan bawahnya untuk memukul bola jatuh setinggi pinggangnya (Aep Rohendi, 2017:89).
Langkah pembelajaran modifikasi Lingding yaitu: 1). Guru memberikan materi dan menyajikan video passing bawah bola voli melalui grup WA kelas. 2). Siswa mencari dinding rumah yang permukaanya rata dan buat garis lingkaran dengan kapur. 3).Siswa melakukan latihan passing bawah sekali masuk memantul bola di dalam lingkaran kemudian ditangkap 4). Latihan passing bawah masuk dalam lingkaran dinding sampai lancar tanpa ditangkap sebanyak mungkin selama 1 menit 5). Minta orang tua atau saudara untuk memvideo hasil belajar gerak, lalu video dikirim kepada guru melalui WA.
Kelebihan menggunakan modifikasi lingding yaitu siswa mampu melakukan passing bawah dengan pendekatan bermain yang menyenangkan, media menggunakan bola plastik yang dilapisi busa yang tidak sakit saat terkena tangan, dinding yang mudah ditemukan dan harga kapur tulis yang murah. Siswa dapat berlatih teratur di sekitar rumah dan mengurangi mobilitas serta tidak berkerumun, yang secara tidak langsung mengikuti anjuran Pemerintah tentang kebiasaan baru dalam menghadapi pandemi Covid 19 saat ini. Sehingga dapat disimpulkan dengan modifikasi lingding, siswa aktif dan antusias melakukan permainan bola voli, serta meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli.
Oleh : Razif Shidiq, S.Pd.
Guru PJOK SDN Gentingsari, Kec. Bansari Kab. Temanggung