JATENGPOS.CO.ID, – Adanya penyebaran Covid – 19 pada awal tahun 2020 hingga sampai saat ini belum berakhir.Sistim pembelajaran Paud sampai Perguruan Tinggi masih daring atau online, pembelajaran di masa pandemi ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.Sehingga berpengaruh terhadap minat belajar siswa SD Negeri Popongan , khususnya kelas 1.Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran penerapan melalui daring, sesuai yang diberlakukan pemerintah pada saat ini.
Pembelajaran PPKn kelas 1 semester satu KD 3.1. MengenaI simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”. Siswa kelas 1 dituntut untuk bisa menyebutkan lambang sila Pancasila. Metode yang bisa di gunakan yaitu menerapkan Fun Learning.Hal yang sederhana menerapkan Fun learning dengan konsep permainan yaitu mempraktekkan bergiliran menyebutkan 5 simbol sila dari Panca sila.Simbol sila pertama bintang , sila ke dua rantai emas , sila ketiga pohon beringin, sila keempat kepala banteng , sila ke lima padi dan kapas. Bagi yang sudah bisa menyebutkan kan diberi pujian dan yang belum bisa perlu bimbingan lagi, agar paham simbol sila pancasila
Strategi pembelajaran menyenangkan (Fun learning) yang digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif , menerapkan kurikulum, menyampaikan materi , memudahkan proses belajar , mengalami perbaikan (Darmansyah 2011). Dalam penerapan Fun Learning melalui media Whatsapp dengan cara menggunakan video, rekaman audio , mengirimkan file tugas mengunakan WA group. Penerapanya harus menarik dan kreatif sehinga siswa mudah untuk memahaminya .
Guru harus membuat WA Group seperti halnya mengelola kelas tatap muka, mengirimkan rekaman video pembukaan pembelajaran , salam sapa menanyakan kabar , diminta untuk menjawab pertanyaan melalui rekaman audio WA sebagai wujud interaksi guru dan siswa,memotivasi,menciptaka suasana gembira sehingga tetap semangat mengikuti pembelajaran. Video dan Audio harus ada , agar siswa lebih jelas mengajak untuk interaksi pembelajaran dengan rekaman audio dan kreatif serta membagikan ringkasan ,sebagai materi pembelajaran untuk selanjutnya, memberi tugas membaca atau menulis dalam bentuk video, rekaman audio dalam bentuk foto, tugas karya sederhana dibuat divideo siswa dibantu oleh orang tua.Sehingga dalam belajarnya bisa lebih terarah. Tugas dan penilaian dikirim melalui WA group. Menerapkan Fun Learning lebih sistematis dalam belajar. Minat belajar siswa berbeda satu dengan yang lain . Begitu juga potensi , kita mengangap suatu hal penting ,siswa beranggapan berbeda, harus selalu di motivasi agar keberhasilan tercapai. Kegiatan belajar menarik perhatian dapat melalui film atau game.siswa merasa senang dapat melihat nyata mudah untuk di pahami .
Melalui metode Fun learning Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 semester 1 , KD 3.1 Simbol sila-sila pancasila, siswa pandai menyebutkan simbol sila yang tercantum dalam pancasila dengan benar . Sehingga semangat belajarnya meningkat serta mengalami perubahan terutama perubahan sikap motivasi. Oleh sebab itu sebagai guru harus bisa membimbing, mendidik, mencerdaskan anak bangsa, menciptakan generasi penerus , memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) yang tercinta.
Oleh :
Winarni, S.Pd
Guru SD N Popongan
Kec. Banyuurip
Kab. Purworejo