Optimalisasi Fun Learning Media Whatsapp

Winarni, S.Pd Guru SD N Popongan

JATENGPOS.CO.ID,  – Adanya penyebaran  Covid – 19  pada awal tahun 2020 hingga sampai saat ini belum berakhir.Sistim pembelajaran Paud sampai Perguruan Tinggi masih daring   atau   online,    pembelajaran di masa pandemi  ini  jauh   berbeda dengan tahun sebelumnya.Sehingga berpengaruh terhadap   minat belajar siswa SD Negeri  Popongan , khususnya  kelas  1.Untuk  itu  perlu  adanya   inovasi  pembelajaran penerapan   melalui daring, sesuai yang diberlakukan  pemerintah pada saat ini.

 Pembelajaran  PPKn  kelas  1 semester  satu    KD 3.1. MengenaI   simbol  sila  Pancasila dalam  lambang  negara “Garuda Pancasila”. Siswa  kelas  1  dituntut  untuk  bisa menyebutkan  lambang  sila  Pancasila. Metode yang bisa di gunakan yaitu menerapkan Fun Learning.Hal yang sederhana menerapkan  Fun  learning   dengan  konsep permainan yaitu   mempraktekkan bergiliran   menyebutkan  5 simbol  sila dari Panca sila.Simbol sila pertama  bintang ,  sila  ke dua rantai emas ,  sila  ketiga pohon beringin, sila  keempat kepala banteng ,   sila ke lima padi dan kapas. Bagi  yang  sudah bisa   menyebutkan kan     diberi pujian  dan yang  belum bisa   perlu bimbingan lagi,  agar paham simbol  sila  pancasila

Baca juga:  Pentingnya Integrated-Skill dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Strategi pembelajaran menyenangkan (Fun learning) yang digunakan untuk menciptakan lingkungan  belajar  yang  efektif , menerapkan  kurikulum, menyampaikan materi , memudahkan   proses belajar ,  mengalami perbaikan  (Darmansyah  2011).  Dalam penerapan  Fun Learning melalui  media Whatsapp  dengan cara  menggunakan  video, rekaman  audio , mengirimkan file tugas mengunakan  WA group. Penerapanya  harus menarik  dan  kreatif  sehinga siswa  mudah   untuk memahaminya .

Guru harus  membuat  WA Group  seperti  halnya  mengelola kelas  tatap muka, mengirimkan  rekaman   video pembukaan    pembelajaran , salam  sapa   menanyakan kabar ,   diminta untuk  menjawab   pertanyaan melalui rekaman   audio WA sebagai  wujud   interaksi guru dan  siswa,memotivasi,menciptaka  suasana  gembira sehingga  tetap  semangat  mengikuti pembelajaran. Video dan  Audio harus   ada ,  agar  siswa  lebih jelas  mengajak untuk interaksi   pembelajaran  dengan   rekaman  audio dan  kreatif serta   membagikan ringkasan ,sebagai materi pembelajaran  untuk selanjutnya,  memberi tugas   membaca  atau  menulis   dalam  bentuk  video, rekaman audio  dalam bentuk foto, tugas  karya  sederhana  dibuat divideo   siswa    dibantu oleh  orang tua.Sehingga dalam belajarnya bisa lebih terarah. Tugas  dan penilaian  dikirim melalui  WA group. Menerapkan  Fun Learning lebih sistematis  dalam belajar. Minat  belajar siswa berbeda satu dengan yang lain . Begitu  juga potensi , kita mengangap  suatu hal penting  ,siswa beranggapan berbeda, harus selalu di motivasi agar  keberhasilan tercapai.   Kegiatan belajar menarik  perhatian dapat  melalui  film  atau game.siswa merasa  senang dapat  melihat  nyata mudah untuk di pahami    .

iklan
Baca juga:  Jigsaw Tingkatkan Minat Belajar IPA

Melalui metode Fun learning Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 semester 1 , KD 3.1 Simbol  sila-sila  pancasila, siswa   pandai  menyebutkan  simbol sila yang  tercantum  dalam pancasila dengan benar . Sehingga  semangat belajarnya meningkat serta mengalami perubahan terutama perubahan sikap motivasi. Oleh sebab itu sebagai guru harus bisa  membimbing, mendidik, mencerdaskan anak bangsa, menciptakan  generasi penerus ,  memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) yang tercinta.

 

Oleh :

Winarni, S.Pd

Guru SD N Popongan

Kec. Banyuurip

Kab. Purworejo

iklan