Semenjak pandemi Covid-19 melanda negara Indonesia, dunia pendidikan di Indonesia mengalami perubahan. Proses kegiatan belajar mengajar yang semula pelaksanaannya di sekolah terpaksa dialihkan ke rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Hal ini sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19) tertanggal 24 Maret 2020 salah satunya adalah kebijakan belajar dari rumah (Daring).
PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang dilaksanakan oleh SMAN 1 Tahunan Jepara sudah berjalan kurang lebih selama 2 tahun ini mengalami banyak kendala salah satunya, peserta didik semakin kurang antusias mengikuti pembelajaran, dikarenakan rasa jenuh. Pembelajaran terkesan hanya siklus pemberian materi dan pengumpulan tugas yang menjemukan. Maka dari itu diperlukan adanya penyegaran media pembelajaran dengan memaksimalkan teknologi yang sudah ada, salah satunya dengan aplikasi QUIZIZZ yang diintegrasikan pada Microsoft Teams.
Melalui media pembelajaran berbasis internet yang salah satunya adalah Quizizz diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan antusiasme dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika Secara daring. Quizizz dirancang untuk megaktifkan pembelajaran agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Quizizz memiliki keunggulan antara lain soal-soal yang disajikan dalam Quizizz memiliki alokasi waktu yang terbatas. Karena dengan adanya keterbatasan waktu siswa dilatih untuk berfikir cepat dan tepat dalam menyelesaikan soal dengan Quizizz. Dengan menggunakan Quizizz guru dan siswa tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran meski tanpa bertatap muka. Guru tetap dapat mengajar siswa dengan memberikan materi pelajaran dan memberikan tugas melalui Quizizz sehingga guru tetap dapat mengontrol siswa meski tidak dapat hadir di sekolah. Sedangkan siswa tetap dapat belajar dan mengerjakan tugas tanpa terhalang apapun.
Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran dikelas. Menurut Purba (2019:5) “Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis game, yang membawa aktivitas multi pemain ke ruang kelas dan membuatnya di kelas latihan interaktif dan menyenangkan”. Sejalan dengan itu menurut Amornchewin (2018:87) memaparkan bahwa “Quizizz adalah alat atau media pembelajaran yang dipercaya dapat memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran dengan fitur-fitur menarik”. Quizizz merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat kuis interaktif multiplayer dengan yang dapat diakses melalui perangkat apapun seperti komputer, smartphone, atau tablet untuk menyelesaikan kuis tersebut. Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis game interaktif yangg dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau alat evaluasi, sehingga menarik perhatian siswa untuk lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.
Langkah-langkah membuat kuis interaktif menggunakan Quizizz : 1) Masuk ke www.quizizz lalu sign up. 2) Untuk memudahkan gunakanlah akun google. 3) Pilihlah peran anda, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya. 4) Lengkapi data anda. 5) Isikan info kuis anda. 5) Lengkapi modul-modul seperti pertanyaan, pilihan jawaban, dan jawaban yang benar. 6) Question preview akan menampilkan soal yang anda buat. Tambahkan pertanyaan baru dan klik finished bila sudah selesai. 8) Tahap akhir, pilih grade atau tingkatan, subjects atau mata pelajaran. Klik Finish and create Quiz. 9) Tampilkan kuis anda secara langsung atau untuk PR. 10) Setting kuis anda, lalu klik proceed. 11) Siswa diminta untuk membuka join.quizizz.com, dan bagikan code ke siswa. Selain itu juga bisa membagikan melalui Microsoft Teams.
Sejauh ini penggunaan quizizz sangat membantu sekali untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran Jarak Jauh dimasa pandemi, khususnya untuk mata pelajaran Matematika di SMAN 1 Tahunan.
Domo, S. Pd
Guru SMA Negeri 1 Tahunan, Jepara