Pembelajaran Geografi Tumbuhkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Palupi Sulistyorini, S.Pd Guru MAN 2 WONOSOBO
Palupi Sulistyorini, S.Pd Guru MAN 2 WONOSOBO

  Terjadinya bencana alam dimasa kini menjadi kekhawatiran dimasa depan, dikarenakan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, sedangkan usaha pelestarian lingkungan hidup meskipun telah dilaksanakan nampaknya masih belum cukup memadai. Oleh karena itu usaha kearah yang sehat dan berdaya guna nampaknya  perlu ditingkatkan lagi.

           Usaha pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup cukup banyak dilaksanakan oleh pemerintah melalui berbagai jalur, misalnya pemerintah pusat  telah menetapkan  berbagai daerah  sebagai cagar alam, suaka margasatwa, dan reboisasi. Semua usaha itu tentu tidak akan membawa hasil, tanpa adanya  pengertian, kesadaran dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat. Salah satu usaha yang dirasa sangat tepat yaitu melalui jalur pendidikan formal yang diharapkan dapat memberikan andil yang besar  dalam pelestarian  lingkungan hidup.  Hal tersebut tentunya sangat baik jika diterapkan di lingkungan pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi.

           Kesadaran dan kepedulian manusia terhadap lingkungan tidak tumbuh begitu saja secara alamiah, namun harus ada upaya dalam pembentukannya. Upaya yang dilakukan dimulai sejak usia dini, melalui kegiatan – kegiatan nyata yang dekat dengan kehidupan sehari hari, misalnya membuang sampah pada tempatnya. Untuk menanamkan kesadaran  akan kepedulian terhadap lingkungan, langkah yang paling strategis adalah melalui pembelajaran lingkungan dalam mata pelajaran  Geografi yang diterapkan di sekolah.

Baca juga:  Implementasi Integrasi Kimia dalam Grafika

           Pembelajaran geografi  adalah pembelajaran tentang aspek – aspek keruangan permukaan bumi yang merupakan keseluruhan gejala alam  atau umat manusia dan variasi kewilayahan. Dengan kata lain, pembelajaran geografi adalah  pembelajaran tentang hakekat geografi  yang diajarkan disekolah dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan mental anak pada jenjang pendidikan masing – masing (Nursid Sumaatmaja, 2001:12). Pembelajaran Geografi yang diajarkan di sekolah diharapkan akan dapat berperan untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan hidup.


           Sikap peduli lingkungan dalam kehidupan  sehari – hari bermasyarakat diartikan sebagai reaksi seseorang terhadap lingkunganya dengan tidak merusak lingkungan alam. Dengan sikap peduli lingkungan  maka akan tercipta lingkungan yang bersih dan asri. Menurut Sue (2003:43) menjelaskan bahwa peduli lingkungan menyatakan sikap – sikap umum terhadap kualitas lingkungan yang diwujudkan  dalam kesediaan diri untuk menyatakan aksi – aksi yang  meningkatkan dan memelihara kualitas lingkungan dalam setiap perilaku yang berhubungan dengan lingkungan. Bila sikap peduli lingkungan  dapat dinyatakan dengan aksi – aksi, maka kesadaran peserta didik terhadap lingkungan  akan senantiasa tecemin dari perilaku siswa tersebut. Proses pembelajaran Geografi  selalu berkenaan dengan kehidupan nyata dipermukaan bumi, sehingga perlu adanya  aplikasi dalam  materi pembelajaran geografi yang tidak hanya bersifat abstrak tetapi  dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari.

Baca juga:  Media Gambar Tingkatkan Pembelajaran Teks Fabel

         Tujuan pembelajaran geografi disekolah meliputi meliputi tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Dari aspek sikap yang ingin dicapai dalam pembelajaran geografi mengembangkan sikap  melindungi dan tanggung jawab  terhadap kualitas lingkungan hidup  dan mengembangkan kepekaan terhadap permasalahan dalam pemanfaatan sumber daya.

           Pembelajaran geografi merupakan salah satu media yang diharapkan berperan  sebagai penunjang keberhasilan usaha pelestarian lingkungan hidup tersebut. Sekolah sebagai wahana pendidikan  yang mendidik anggota masyarakat  dalam usia muda/remaja, sangatlah tepat kiranya untuk menanamkan rasa memiliki  dan bersikap menghargai serta  serta peduli lingkungan hidupnya. Geografi sebagai salah satu bidang studi di sekolah  yang terutama mengkhususkan diri  dalam membahas masalah hubungan timbal balik  antara kehidupan manusia  diberbagai tempat dipermukaan bumi  dengan lingkungannya. Diharapkan akan memberikan peranan secara positif  dalam menumbuhkan dan membina sikap peduli lingkungan  pada siswa.

Baca juga:  Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menara Hanoi

Palupi Sulistyorini, S.Pd

Guru MAN 2 WONOSOBO