Penerapan Model Pembelajaran Tipe Picture and Picture.

Daryadi, S,Pd. Guru IPA SMP Negeri 2 Giritontro
Daryadi, S,Pd. Guru IPA SMP Negeri 2 Giritontro

JATENGPOS.CO.ID, – Pendidikan sangat vital bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi melibatkan kepala sekolah, guru maupun peserta didik sendiri. Peranan guru dalam proses pendidikan sangat vital, karena guru terjun langsung berhadapan dengan peserta didik.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara memahami  bagaimana peserta didik dan guru melaksanakan proses pembelajaran.  Proses pembelajaran yang menekankan berbagai tindakan dan kegiatan dengan menggunakan model serta metode pembelajaran yang tepat.

Dalam hal ini dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture. Model pembelajaran picture and picture suatu model belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis. Model Pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi factor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta dalam ukuran besar. Model  pembelajaranini sangat tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran materi ekosistem, dengan tujuan: 1) Model pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. 2) Meningkatkan motivasi belajar. Semakin menarik model pembelajaran yang diterapkan semakin tinggi  semangat belajar peserta didik. 3) Model pembelajaran picture and picture  dapat meningkatkan hasil belajar.

Baca juga:  Jiwa Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru

Adapun langkah-langkah pelaksanaan Picture and Picturemenurut Jamal Makmur Asmani ada 7 langkah yaitu: 1) Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. 2) Guru menyampaikan materi pengantar. 3) Guru menunjukan/ memperlihatkan gambar-gambar yang yang berkaitan dengan materi. 4) guru menunjuk/ memanggil peserta didik secara bergantian. 5) Guru menanyakan alasan/ dasar pemikiran dari urutan gambar tersebut. 6) dari alasan/ urutan gambar tersebut, guru mulai menanamkan konsep atau materi, sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. 7)  peserta didik diajak untuk menyimpulkan atau merangkum materi yang baru saja diterimanya.

iklan

Simpulan dan rangkuman dilakukan bersama dengan Peserta didik. Guru membantu dalam proses pembuatan simpulan dan rangkuman. Apabila peserta didik belum mengerti hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pengamatan gambar  guru memberikan penguatan kembali tentang gambar tersebut.Dengan model pembelajaran tipe  picture and picture  maka peserta didik mengalami proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna.

Baca juga:  Literasi Dongkrak Minat Baca Siswa

Penggunaan pembelajaran tipe  picture and picturediharapkan: 1) meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 2) meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 3) peran aktif peserta didik bertambah baik. 4) peserta didik dapat melakukan pembelajaran yang lebih demokratis, senang  dan merasa nyaman.

Daryadi, S,Pd.
Guru IPA SMP  Negeri 2 Giritontro
iklan