Guru merupakan komponen yang paling vital dalam dunia pendidikan. Sedangkan Metode sangatlah diperlukan untuk menentukan kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh guru sebagai upaya untuk mencapai hasil pendidikan yang diinginkan. Seorang siswa dikatakan belajar apabila mengetahui atau mengerti tentang sesuatu yang belum dipahami sebelumnya. Sebaliknya seorang guru yang dikatakan telah mengajar apabila dia telah membantu siswa untuk memperoleh suatu perubahan ke arah yang lebih baik.
Adakalanya seorang guru tidak mampu melakukan tugas dan tanggungjawabnya karena cara mengajar yang terlalu monoton sehingga para siswa kehilangan minat belajar. Bagi siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah terhadap suatu materi pelajaran tentu ia tidak akan terlibat aktif dalam proses pembelajaran, akibatnya akan sulit baginya untuk memperoleh hasil belajar yang tinggi. Untuk mengatasi hal itu seorang guru perlu menggunakan metode atau model atau strategi dalam menyampaikan materinya.
Bagaimana hubungan antara metode mengajar guru terhadap hasil belajar?Berbagai cara terus dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui dalam upaya pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidik, pengembangan/penulisan materi ajar, pengembangan metode mengajar, dan lain-lain.
Tenaga pendidik atau guru memiliki peran serta tanggung jawab untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Proses pembelajaran adalah cara bagaimana membelajarkan siswa, proses pembelajaran dilaksanakan dalam rangka memberi kesempatan kepada siswa memperoleh pengalaman belajar, proses pembelajaran diarahkan untuk mempelajari mata pelajaran tertentu, prosesnya dapat beraneka ragam mulai dari yang sederhana dengan menggunakan ceramah sampai kepada yang kompleks seperti dengan metode pembelajaran. Cara dan teknik mengajar seorang guru bisa mempengaruhi tinggi rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Seorang guru kadang tidak memahami cara dan teknik mengajar yang baik. Hal ini akan membuat siswa kehilangan minat belajar juga tujuan pengajaran yang dirumuskan oleh guru tidak akan tercapai. Agar tujuan pengajaran tercapai sesuai dengan yang telah dirumuskan oleh guru, maka guru harus mengetahui, mempelajari dan menguasai metode mengajar sehingga dapat dipraktekkan pada saat guru mengajar.
Metode pembelajaran tidak hanya memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi namun juga mempermudah kerja guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Metode dapat berfungsi untuk memberikan pernyataan singkat dan rangsangan yang khusus mengenai isi materi dari mata pelajaran yang telah dipelajari dan contoh-contoh acuan yang mudah diingat untuk setiap konsep, prosedur atau prinsip yang diajarkan. Kreativitas guru dalam proses belajar mengajar ternyata sangat dibutuhkan, seorang guru dapat menciptakan suatu metode/model/strategi mengajar yang baru dan orisinil (asli ciptaan sendiri), atau bisa juga menggabungkan atau memodifikasi berbagai metode/model/strategi yang ada sehingga menghasilkan suatu metode pembelajaran yang baru.
Dari pendapat tersebut kami yakin bahwa metode mengajar dengan hasil belajar sangatlah memiliki kaitaan yang sangat erat, bagaikan setali mata uang di mana sisi yang satunya dengan sisi yang lainnya tidak bisa di pisahkan, namun keduanya harus saling bergandengan dan saling melengkapi, tiada yang satu akan mengakibatkan fenomena pada sisi yang lain. Sehingga keduanya antara metode dan hasil belajar merupakan suatu sistem yang tidak bisa dipisahkan.
Suharyono,S.Pd
(Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 3 Purworejo)