Peningkatan Membaca Permulaan Gunakan Media Kartu Kata

Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat reseptif. Disebut reseptif karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman baru. Semua yang diperoleh melalui bacaan itu akan memungkinkan orang tersebut mampu mempertinggi daya pikirannya, mempertajam pandangannya, dan memperluas wawasannya. Oleh karena itu, pembelajaran membaca di sekolah dasarĀ  mempunyai peranan yang penting untuk menunjang keberhasilan belajar siswa.

Kemampuan membaca permulaan sangat penting diajarkan pada siswa kelas rendah, karena dengan menguasai kemampuan membaca siswa dapat memahami bahasa, membuka cakrawala dunia sehingga penting untuk diajarkan dengan baik oleh guru kelas rendah. NamunĀ  padaĀ  kenyataannyaĀ  dariĀ  hasilĀ  observasiĀ  awal di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan di kelas 1Ā Ā Ā  SDNĀ Ā Ā  Sempu Kecamatan Limpung ternyata masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa tidak diberikanĀ Ā  mediaĀ Ā  yangĀ Ā  menarik, yangĀ Ā  manaĀ Ā  dalamĀ Ā  proses pembelajaranĀ  hanyaĀ  menggunakanĀ  bukuĀ  pelajaranĀ  yang tersedia disekolah.

Baca juga:  Model Paired Storytelling Tingkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa

SebagaimanaĀ  telahĀ  kitaĀ  ketahuiĀ  bahwaĀ  anakĀ  memiliki karakterĀ  yangĀ  khasĀ  danĀ  unikĀ  baikĀ  secaraĀ  fisikĀ  maupun mental.OlehĀ  karenaĀ  itu,Ā  strategiĀ  danĀ  metodeĀ  pengajaran yangĀ  diterapkanĀ  harusĀ  sesuaiĀ  denganĀ  kekhasanĀ  anak yaitu dengan strategi bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain, seperti contoh misalnya bermain dengan menggunakan media kartu kata. BermainĀ Ā Ā  dengan menggunakanĀ Ā  mediaĀ Ā  kartu Ā Ā kataĀ Ā  merupakanĀ Ā  sarana untukĀ Ā Ā  menggaliĀ Ā Ā  pengalamanĀ Ā Ā  belajarĀ Ā Ā  yangĀ Ā Ā  sangat bergunaĀ Ā  dalam belajar membaca permulaan .Ā Ā  BermainĀ Ā  denganĀ Ā  menggunakan mediaĀ  kartuĀ  kataĀ Ā Ā  jugaĀ  dapatĀ  menjadiĀ  saranaĀ  untuk mengembangkan kreativitas dan daya ingat.

Ā Ā Ā Ā Ā Ā  Kartu kata adalah kartu yang berisi sebuah kata yang dapat menghasilkan sebuah kalimat. Dari kartu kata dapat disusun menjadi kalimat baru dengan beberapa kartu kata, selain itu dari kata tersebut dapat dipisah-pisah menurut suku-suku kata, kemudian diuraikan lagi menjadi huruf-huruf.

iklan

Media kartu kata menurut SadimanĀ  (2010:6) adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta perangsang peserta didik untuk belajar. Media pengajaran dapat mempertinggi proses pembelajaran. Sudjana dan Rivai (2013:6) menjelaskan manfaat tentang media pengajaran, anatara lain: (1) menumbuhkan motivasi belajar karena pengajaran lebih menarik perhatian siswa, (2) materi menjadi jelas maknanya sehingga mudah dipahami siswa, (3) metode yang digunakan guru akan bervariasi sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, (4) siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan guru saja tetapi melakukan aktivitas lainnya, seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lain.

Baca juga:  Metode Reading Guide Meningkatkan Belajar IPA di Masa Pandemi

Fungsi media kartu kata secara umum adalah sebagai berikut, (1) alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif, (2) bagian integral dari keselutuhan situasi mengajar, (3) meletakkan dasar-dasar yang konkret dan konsep yang abstrak sehingga dapat mengurangi pemahaman yang bersifat verbalisme, (4) membangkitkan motivasi belajar peserta didik, (5) mempertinggi mutu belajar mengajarĀ  ( Sadiman 2010:17).

Media kartu kata Ā tentu akan sangat membantu guru dalam proses pembelajaran membaca permulaan. Pembelajaran membaca permulaanĀ  penggunaan media kartu kata dapat membantu siswa mengenal huruf,suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Sehingga siswa pun dapat menggabungkan suku kata yang acak menjadi kata.

Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā  Langkah pemanfaatan kartu kata dalam pembelajaran pertama mempersiapkan media kartu kata bergambar dan mengenalkannya kepada anak. Guru mengenalkan satu per satu lambang bunyi huruf yang membentuk kata dan anak menyebutkannya, kemudian menebak fonem yang tertulis dibagian belakang kartu, serta melihat suku kata yang ada di bagian belakang kartu. Anak menyebutkan kata yang memiliki fonem yang sama dengan kata yang ditunjuk guru pada media kartu kata bergambar. Pemanfatan kartu kata dapat dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Sempu Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.

Baca juga:  Optimalisasi PJJ , Gunakan Aplikasi Zoom di SMP Negeri 1 Baki

Oleh

Wiwiet Dian Puspitasari, S.Pd.SD

Guru SDN Sempu Kabupaten Batang

iklan