JATENGPOS.CO.ID, Kebosanan dalam belajar merupakan salah satu indikasi rendahnya motivasi diri siswa . Ini jelas akan merugikan anak.Oleh sebab ituguru dan orang tua perlu mengkaji keberadaan anak yang bolos sekolah.Lebih dari itu mencari solosi terbaik agaranak tidak lagi bolos sekolah dan bosan belajar salah satu titik perhatian pihak yang bersangkutan dengan pendidikan anak adalah motivasi.Bagaimana anak termotivasi untuk belajar ini perlu tindakan nyata . Mengapa titik motivasi yang perlu menjadi perhatian ?
Motivasi adalah dorongan untuk melakukan suatu kegiatan dengan baik .Dengan demkian motivasi belajar merupakandorongan untuk melakukan kegiatan belajar dengan sepenuh hati.Bagi anak motivasi itu di ibaratkan bahan bakar sebuah kendaraan. Tidak akan berarti betapapun bagusnya mesin dan halusnya penyetelan kalautidak memiliki bahan bakar.Bahan bakar akan menjadi unsur vital bagi sebuah kendaraan .Begitu pula halnya dengan motivasi bagi siswa untuk belajar . Motivasi inilah yangmenggerakkan mereka untuk belajar.Jika di kelompokkan maka motivasi terbagi dua , motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah dorongan untuk melakukan sesuatu yang berasal dari dalam diri seseorang
Pada umumnya masih sering pembelajaran waktu kecil ini sangat berarti untuk pembelajaran di kemudian hari .Pada umumnya masih sering proses pembelajaranpada saat anak mendapatkan perlakuan respon yang kurang baik .Baik ketika mereka sedang belajar merasa dengan mulutnya , ketika mereka belajar berjalanatau belajar berbicara yang belum paham mereka belum mengerti arti kata – kata tersebut .ketika sudah mulai berbicara dan banyak bertanya jawaban yang didapatpun tidak memuaskan bahkan cenderung menyakiti rasa keingintahuan si anak mungkin ini karena faktor kelelahan saat mengasuh atau capek memberikan penjelasan yang berulang –ulang . Dari pemaparan di atas sudah ada yang mengerti kenapa anak malas belajar ? Lalu kasus lain adalah ada seorang anak laki- laki berusia 9 tahun sebut saja toni orang tuanya mengeluhkan anaknya tidak suka belajar dan sudah dapat peringatan dari gurunya .
Namun ketika Toni di tanya tentang hobinya dia dengan sigap menjawab hobinya adalah sepak bola dan tim kegemarannya adalah Arsenal . Bahkan dia hapal dengan seluruh pemain inti dan pe main cadangan . siapa pelatih dan asistennya , nomor punggung pemain tanggal ulang tahun serta daftar pencetak gol pemberi Assistennya dan poin klasemen liga beserta urutannya luar biasa bukan ? ini menunjukkan tidak ada masalah dengan otak toni .Masalahnya datang dari sumber yang lain .
Melihat kasus tersebut jelas permasalahannya bukan karena Toni bodoh namun tidak ada ketertarikan mempelajari pelajaran tersebut . Tentu ini diberi respon yang benar sehingga tidak mendapatkan perlawanan dan bisa membuat anak semangat untuk belajar . Tahap pertama perbaikan adalah dari orang tuanya terlebih dulu untuk anak sekecil itu ,orang tua memegang peranan penting dalam masa tumbuh kembang anak serta membantu sekali untuk mengatasi masalah anak. Lalu komonikasi dengan cinta dalam setiap didikannya .
Seorang pakar pendidikan .Thimoty wibowo memberikan bebeapa kiat supaya anak bisa menjadi rajin dan mudah belajar di sekolah. Berikut tipsnya saat pulang sekolah ,tanyakan apa saja hal menyenangkan hari itu. Otomatis anak akan mencari hal hal menyenangkan di sekolahdan secara tidak langsung membentuk mindset anak bahwa sekolah adalahtempat yang menyenangkan
Kedua ketika anak tidur masukkan sugesti positif dengan mengatakan belajar adalah hal menyenangkan. Belajar sama menyenangkan nya dengan bermainatau berhitung dengan menghafal itu sangat mudah . ini salah satu bentuk hypnosleep positif pada anak
Ketiga jelaskan guna materi pelajaran yang sedang di kerjakan .sesuaikan penjelasan dengan materi anak misalnya dengan belajar perkalian , maka anak akan dapat menghitung sendiri harga action figure di sebuah supermarket dn membandingkannya denganharga di mall lain. Atau jika mahir bahasa jepang maka menonton anime tak perlu subtitle dan dapat membaca komek aslinya yang langsung berbahasa jepang .
Keempat mintalah guru lesnya untuk sering mengatakan bahwa anak kita adalah anak hebat dan luar biasa pujin tulus dan memacu semangat anak untuk belajar lebih penting anak diajari macam macam teknik berhitung dan menghafal cepat .Mintalah bantuan orang sekitar termasuk guru untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri si anak .
Keliam bila anak masih kecildan masih suka di bacakan dongeng . Pangkulah si anak pada saat di bacakan dongeng ..Posisikan anak di posisi nyaman dan memudahkan kita untuk memberikan ciuman serta pelukan kasih sayang .Tujuannya agar anak dapat menghubungkan sensasi menyenangkan antara membaca buku denganrasa cinta dari orang tua.
Keenam buatkan surat rahasia untuk anak lalu kita bisa mengatakan bahwa hanya kita dan anak yang mengetahui tentang surat tersebut dan isinya .Isi suratnya bisa kata kata semangat dalam kegiatan belajar mengajar , sekolahnya atau hal lain yang dapat membangkitkan semangat anak.
Dari 6 poin tahapan untuk member semangat belajar anak intinya adalah kerjasama beberapa pihak dalam menyuntikkan rasa percaya diri untuk anak dalam batas wajar . Karena poin di atas jika di lakukan secara berlebihan justru akan berdampak yang tidak baik untuk anak Lihat perkembangan pembelajarannya sehingga bisa di sesuikan . Jika sudah bisa muncul semangat belajar si anak maka 50% sudah berhasil.
Sutarno,S.Pd
Guru SMK N4 Kendal