Picture and Picture dalam Pembelajaran Biologi

Sri Mutarsih,S.Pd.,M.Pd._ Guru Biologi SMA N 1 Boja Kendal
Sri Mutarsih,S.Pd.,M.Pd._ Guru Biologi SMA N 1 Boja Kendal

JATENGPOS.CO.ID, –  Biologi sebagai salah satu mata pelajaran sains mempunyai khas atau karakteristik tersendiri dibandingkan dengan mata pelajaran sosial maupun kebahasaan. Kekhasan maupun keunikan tersebut sebagai kelebihan dan ikon pada pelajaran biologi. Dimana kompetensi-kompetensi yang banyak melekat dengan lingkungan alam sekitar. Melihat karakteristik yang demikian dekat denga kehidupan kita sehari-hari mestinya pada mata pelajaran biologi pemerolehan hasil belajar peserta didik dapat maksimal.Tetapi pemahaman peserta didik lemah, hal ini masih terlihat pada akhir setiap kompetensi dasar selesai dengan dilakukan pengambilan nilai masih terdapatnya angka dibawah standar penilaian mata pelajaran.

Model Picture  and Picture  adalah salah  satu model  pembelajaran yang aktif.  Model  pembelajaran  picture  and  picture  mengandalkan  gambar  sebagai media dalam  proses  pemebelajarannya, dalam  pembelajarannya gambar-gambar dipasangkan satu  sama lain  atau diurutkan menjadi  urutan yang   logis.  Prinsip pelaksanaan  model  pembelajaran  picture  and  picture  yaitu  sajian  informasi kompentensi,  sajian  materi,  memperlihatkan  gambar  yang  berkaitan  dengan materi,  siswa  dapat  menggurutkan    gambar  sehingga  sistematik,  guru mengkonfirmasikan  urutan  gambar  tersebut,  guru  menanamkan  konsep  sesuai dengan materi  ajar yang akan diajarakannya, penyimpulan, refleksi dan evaluasi.

Baca juga:  Pilih Teks Cerita AnakBangun Pendidikan Karakter

Berdasarkan penelitian Sasmita, dkk (2015:12), “Bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa”.  Pada penelitian  ini,  materi  yang  akan  diajarkan  adalah  sistem  reproduksi  manusia dimana pada materi sistem reproduksi manusia terdapat berbagai gambar-gambar yang menunjukkan konsep dari materi pembelajaran. Dengan model pembelajaran picture  and  picture  proses  belajar  mengajar  (PBM)  masih  ada  hubungannya dengan  materi  sistem reproduksi  dengan  adannya  gambar-gambar  pada  materi membuat  siswa  dapat  mudah  memahami  materi  yang  diajarkan.

Adanya testimoni tersebut menggambarkan bahwa dengan penerapan pembelajaran menggunakan model picture and picture dapat menghasilkan capaian belajar pada peserta didik yang maksimal. Begitu pula dengan pembelajaran biologi yang full color artinya membutuhkan bantuan gambar untuk memudahkan pembelajaran biologi khususnya reproduksi manusia. Dengan adanya gambar dapat menarik minat belajar peserta didik lebih tinggi dan interaktif. Oleh karena pemilihan model picture and picture ini bisa diterapkan bagi pendidik mata pelajaran biologi.


Baca juga:  Percobaan Ipa? Poe saja

Sri Mutarsih,S.Pd.,M.Pd.

Guru Biologi SMA N 1 Boja Kendal