Pandemi Covid -19 yang belum berakhir, hantu corona yang belum pulang kandang, menyebabkan perubahan di aspek kehidupan termasuk proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Pembelajaran mengalami pergeseran dari moda luring atau tatap muka menjadi moda daring. Dunia pendidikan mesti alih haluan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Perubahan ini banyak menimbulkan permasalahan khususnya dalam dunia pendidikan.
Dalam dunia pendidikan saat ini, peningkatan kualitas pembelajaran baik dalam penguasaan materi maupun metode pembelajaran selalu diupayakan. Salah satu upaya yang dilakukan pendidik dalam peningkatan kualitas pembelajaran yaitu dalam penyusunan berbagai macam skenario kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, terjadi interaksi antar peserta didik, interaksi antara pendidik dan peserta didik, maupun interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar. Diharapkan dengan adanya interaksi tersebut, peserta didik dapat membangun pengetahuan secara aktif, pembelajaran berlangsung interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta dapat memotivasi peserta didik sehingga mencapai kompetensi yang diharapkan. M. Furqon Hidatatullah (2009) mengatakan bahwa pembelajaran sebaiknya diselenggarakan dalam suasana yang menyenangkan karena akan mendorong peserta didik tertarik dengan pelajaran tersebut.
Sementara di pembelajaran matematika. matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Sehingga membuat minat belajar rendah seperti orang yang kalah sebelum bertanding. Sebagai pendidik, penulis merasa mempunyai tanggung jawab moral untuk mengembangkan potensi dan ketrampilan diri karena pendidik sebagai ujung tombak keberhasilan pembelajaran. Untuk itulah penulis memanfaatkan perkembangan Informasi Teknologi (IT) dengan menggunakan canva untuk kepentingan pembelajaran matematika di kelas XI SMAN 2 Sukoharjo, yaitu materi Persamaan Trigonometri.
Aplikasi canva sebagai salah satu alat bantu desain online gratis yang dapat digunakan untuk membuat video pembelajaran yang dilengkapi template gratis, untuk grafis animasi dll. Aplikasi Canva dapat digunakan melalui perangkat Komputer maupun Android.
Presentasi merupakan salah satu kegiatan rutin yang tidak asing bagi seorang pendidik dalam mempersiapkan pembelajarannya. Di tengah perkembangan teknologi, kini presentasi disampaikan dengan berbagai aplikasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka mendukung proses pembelajaran telah memberikan akses layanan elektronik dengan memberikan akun google suite for education. Dalam Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan
Pemanfaatan akun G-Suite for education salah satunya bisa berkolaborasi
menggunakan aplikasi Canva For Education. Canva merupakan platform desain
yang dibutuhkan kelas . Mengembangkan kreativitas dan keterampilan kolaboratif yang membuat pembelajaran visual dan komunikasi menjadi mudah dan menyenangkan
Dengan menggunakan canva, pembelajaran matematika semakin menarik dan menyenangkan dalam PJJ di masa pandemi ini. Pembelajaran matematika materi Trigonometri, yang merupakan salah satu materi yang sering dianggap sulit dapat dilakukan dengan cara presentasi menggunakan PPT yang dibuat semenarik mungkin, yang diselipi video menggunakan canva. Dengan canva, penulis dapat mengkombinasikan percakapan dengan desain PPT dengan berbagai animasi, sehingga dapat tampil di depan peserta didik dengan percaya diri dan memberikan presentasi yang spektakuler. Pembelajaran menjadi “hidup”, dikarenakan peserta didik terasa berinteraksi dengan pendidik, dengan mempelajari materi trigonometri yang dibuat guru dalam bentuk PPT dan dijelaskan langsung dengan rekaman video menggunakan canva, sehingga peserta didik tidak jenuh hanya mempelajari materi, tetapi dapat melihat wajah dan mendengar suara gurunya yang menerangkan materi dengan jelas. Mari selalu berinovasi demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia!
Oleh
Dewi Purwaningrum, S.Pd M.Pd
Guru SMAN 2 Sukoharjo