Pembelajaran Jarak Jauh atau lebih dikenal dengan istilah PJJ masih menjadi pilihan terbaik yang diambil pemerintah untuk dunia pendidikan saat ini. Tahun pelajaran 2021/2022 merupakan tahun kedua sekolah melakukan kegiatan pembelajaran dengan PJJ. Kejenuhan mulai melanda baik dirasakan oleh guru maupun peserta didik. Banyak peserta didik yang kehilangan gairah belajar bahkan ada yang terkesan ogah-ogahan mengikuti PJJ. Jika hal ini dibiarkan terus berlanjut, tentu akan berdampak pada menurunnya kualitas peserta didik nantinya. Kreativitas dan inovasi guru dalam mengajar adalah kunci utama untuk memecah kejenuhan belajar peserta didik dimasa pandemi covid-19 ini. Oleh karena itu, guru harus terus belajar, mencari dan memilih metode yang tepat untuk diterapkan pada saat PJJ agar peserta didik tidak merasa bosan.
Menurut Dr. Zainal Arifin, M.Pd, evaluasi merupakan salah satu komponen yang paling penting dan tahap yang wajib dilaksanakan oleh guru untuk mengetahui efektivitas kegiatan pembelajaran (https://arvendomahardika.com). Berdasarkan pendapat tersebut selain proses pembelajaran, evaluasi atau penilaian haruslah dilakukan sedemikian rupa agar berjalan tidak hanya efektif dan efisien tetapi juga harus menarik.. Disini, guru memilih menggunakan aplikasi penilaian yang bagus dan sangat menarik yaitu Quizizz.
Dalam buku panduan menggunakan quizizz, diterangkan bahwa quizizz adalah aplikasi pembelajaran gratis yang menyenangkan untuk memudahkan guru dalam memberikan kuis kepada para siswa. Quizizz memiliki beberapa fitur menarik, diantaranya: skor berdasar ketepatan dan kecepatan jawaban siswa, bisa dimainkan dengan segala jenis perangkat dengan browser atau bring your own device (BYOD), ada jutaan kuis publik, editor kuis, mudah dan ada laporan kuis.
Quizizz adalah sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang menarik dan menyenangkan untuk digunakan dalam pembelajaran karena akan ada musik dan meme yang lucu. Dengan quizizz, guru dapat memperoleh data dan statistik hasil kinerja siswa secara langsung. Penilaian dengan aplikasi quizizz tidak hanya dapat dilakukan saat berlangsungnya pembelajaran, tetapi juga dapat diberikan sebagai pekerjaan rumah (PR). Quizizz versi PR ini dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh peserta didik dengan batas waktu yang sudah ditentukan oleh guru. Quizizz memberikan tantangan pada peserta didik karena skor diperoleh berdasarkan ketepatan dan kecepatan dalam menjawab. Selain itu, quizizz juga menumbuhkan jiwa persaingan yang sehat antar peserta didik karena akan memperlihatkan rangking secara langsung.
Quizizz memiliki beberapa kelebihan, yaitu peserta didik tidak dapat saling mencontek karena soal yang diberikan telah diacak secara otomatis. Waktu mengerjakan untuk setiap soal bisa diatur disesuaikan dengan tingkat kesulitan soal, sehingga peserta didik tidak punya kesempatan untuk membuka buku ataupun bertanya dengan teman. Setelah selesai mengerjakan kuis, peserta didik dapat melihat rangking yang dia dapatkan dari keseluruhan peserta quizizz dan dapat mengetahui kunci jawaban dari soal tersebut. Quizizz juga meringankan beban guru, karena akan ada grading otomatis dan analisis butir soal dengan mengunduh file excel hasil kuis.
Membuat quizizz cukup mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya: 1) masuk ke http://quizizz.com/ lalu sign up, 2) daftar dengan akun (bisa menggunakan account google), 3) pilih peran (sebagai guru), 4) setelah muncul tampilan quizizz, lalu klik creat a new quiz, 5) selanjutnya beri nama kuis, dan pilihlah mata pelajaran sesuai kuis yang mau dibuat, 6) buat kuis dengan memilih bentuk pertanyaan (pilihan ganda, banyak jawaban, isian singkat, survey atau esai), 7) tulis soal dan pilihan jawaban pada kolom yang tersedia serta menentukan jawaban yang benar dengan klik tanda centang didepan jawaban yang benar, 8) lakukan pengaturan bahasa, tingkatan kelas, privasi serta menambah foto pada kuis dan jangan lupa disimpan.
Quizizz bisa diberikan secara langsung atau diberikan sebagai PR, tinggal diatur sesuai keinginan guru kemudian bagikan kode quizizz agar peserta didik bisa join dan mengerjakan kuis tersebut. Dengan quizizz, PJJ menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan gairah belajar peserta didik pada pelajaran matematika. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari data kehadiran peserta didik dengan presentase awal berkisar 83% – 94% menjadi 100% setelah pembelajaran menggunakan quizizz. Jadi, quizizz cukup efektif meningkatkan semangat belajar peserta didik kelas XII IPS1 dan XII IPS2 SMA Negeri 1 Wonogiri semester gasal tahun ajaran 2021/2022 pada materi Bangun Ruang.
Tinuk Triyana, S.Pd, MBA
Guru Matematika di SMA Negeri 1 Wonogiri