Sambel Teri Tingkatkan Minat Pembelajaran IPS

Dra. Siti Rokhanah

 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS ) merupakan salah satu mata pelajaran  yang sering mendapat Predikat pelajaran yang membosankan. Hasil wawancara penulis dengan peserta didik kelas 8 E SMP N I Manisrenggo secara langsung  , IPS kurang disukai dan diminati oleh peserta didik karena proses pembelajaran monoton dan kurang variatif . Hal Ini menyebapkan siswa malas dan kurang bergairah melakukan aktivitas belajar IPS. Kurangnya motivasi dalam belajar akan sangat berpengaruh pada keberhasilan siswa. Sardiman (2003: 65) mengemukakan rendahnya motivasi belajar siswa, dapat disebabkan oleh faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor yang berasal dari luar diri siswa. Pemasalahan yang  hadapi adalah hasil belajar IPS pada materi Mengenal negara-negara ASEAN kelas 8 E rendah  disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Untuk mengatasi rendahnya nilai IPS di SMP N I Manisrenggo Tahun 2019/2020, diterapkan model pembelajaran sambel teri ( Pesawat pembelajaran berisi materi ). Sambel Teri adalah sebuah model pembelajaran yang memadukan sebuah permainanan dengan materi pembelajaran. Belajar sambil bermain diharapkan siswa tidak  cepat bosan dan lebih memahami makna materi yang sedang dipelajari.

Baca juga:  Video Langka Langki Mudahkan Siswa Pahami BilBul

. Langkah-langkah pembelajaran dengan model sambel teri:  1) Siswa diminta membaca materi selama 15 menit dan menggaris bawahi yang dirasa penting. 2) Bagikan tiap anak tiga kertas yang berbeda warna, misalnya putih, hijau dan merah. 3) Setelah waktu membaca berakhir minta siswa membuat 3 soal  ( dengan kategori, mudah, sedang dan sulit ) beserta jawabannya di buku tulis.  4) Buat kesepakatan kertas warna putih untuk soal mudah, hijau untuk soal sedang dan merah untuk soal kategori sulit. 5) Tulis masing-masing soal di kertas yang sudah disediakan sesuai kesepakatan. Jangan lupa tulis nama pembuat soal di pojok kanan atas. 6) Setelah selesai, buat kertas warna menjadi sebuah pesawat kertas sederhana. 7)  Minta siswa berada di pinggir kelas semua. 8) Dengan aba-aba hitungan ketiga minta siswa untuk menerbangakan pesawat pertama berwarna putih. Lanjutkan  pesawat berwarna hijau, dan yang terakhir berwarna merah. 9) Setelah semua  pesawat diterbangkan, sekarang minta siswa untuk mencari 3 pesawat dengan warna yang berbeda. Tidak boleh mengambil lebih dari 3 warna. Jika ada siswa yang mendapatkan pesawat miliknya sendiri, maka harus ditukar dengan pesawat milik temannya. 10) Setelah semua mendapatkan pesawat, sekarang waktunya menjawab soal yang tertulis dalam pesawat yang diambil. Jangan lupa tulis nama siswa yang menjawab di bagian pojok kiri bawah. 11) Berikan pesawat yang sudah dijawab kepada siswa yang membuat soal untuk dikoreksi. 12) berilah skor masing=masing soal dengan bobot; soal mudah diberi skor 2, soal sedang diberi skor 3 dan soal sulit diberi skor 5.      13) Kembalikan pesawat yang sudah dikoreksi kepada siswa yang menjawab untuk ditotal skornya dan dilakukan penilaian. 14) Serahkan pesawat yang sudah dinilai kepada guru untuk direkap nilainya dalam daftar nilai. 15) Berikan feedback dan penguatan untuk soal dan jawaban yang dibuat oleh siswa. 16) Tanyakan pendapat siswa tentang model pembelajaran sambel teri yang baru saja dilakukan.

Baca juga:  Model Pembelajaran Kombinasi Daring dan Luring Tingkatkan Motivasi Belajar Anak

Dengan menggunakan metode sambel teri , pada materi Mengenal Negara-negara Asean , siswa  kelas 8 E SMP N I Manisrenggo Tahun ajaran 2019/2020,menjadi senang, bergairah dan antusias serta hasil Penilaian Harian meningkat. Ini membuktikakan bahwa metode Sambel Teri dapat meningkatkan minat dan keaktifan  belajar  Ilmu Pengetahuan Sosial  ( IPS ) pada peserta didik Kelas 8E SMP Negeri I Manisrenggo KLaten.

Dra. Siti Rokhanah

 SMP Negeri 1 Manisrenggo

iklan

 

 

iklan