JATENGPOS.CO.ID, – Selama Pandemi Covid – 19 tatanan kehidupan dalam segala aspek semua berubah. Termasuk aspek pendidikan yang tadinya guru mengajar secara tatap muka sekarang dengan model pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring yang terus diperpanjang tidak tahu kapan berakhirnya.Berkaiatan dengan pembelajaran jarak jauh inovasi pembelajaran dari guru yang diarahkan untuk menumbuhkan motivasi belajar dan kreatif peserta didik diharapkan tetap terwujud.
Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran mengarahkan pada pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK.Terutama dalam menghadapi masa pandemi sekarang ini.Ketrampilan menggunakan TIK menjadi modal utama dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.Aplikasi pada gadget selalu berkembang salah satunya Whatsapp yang sering digunakan oleh semua orang baik untuk komunikasi atau lainnya. peserta didik dapat memanfaatkan Whatsapp dalam kegiatan pembelajaran.
Faktor penunjang meningkatnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh motivasi yang diberikan guru dalam belajar.Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan denagan media yang mudah digunakan agar motivasi peserta didik meningkat . Hal ini sesuai yang dikemukakan Criticos ( Dalam Daryanto 2015 h.4 ) bahwa Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan guru kepada peserta didik agar lebih tertarik dan berminat untuk mempelajari materi tertentu . Media pembelajaran merupakan berbagai macam alat yang membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar lebih mudah diterima oleh peserta didik.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakain mendorong upaya –upaya pembaharuan.Dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar Guru di tuntut agar mampu menggunakan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.Penggunaan WhatsApp adalah salah satu pemanfaatan teknologi yang memudah guru untuk berkomunikasi dengan peserta didiknya kapanpun dan dimanapun berada.Aplikasi ini memungkinkan para pengguna pesan,gambar,vidio,dan file secara daring.Adapun langkah pembelajaran dengan menggunakan WhatsApp adalah (1) Peserta didik dikondisikan agar membentuk groupchatt atau WA group,(2) Salah satu peserta didik dipilih yang menguasai pengguanaan gadget sebagai adminnya,(3) Peserta didik yang lain menyerahkan nomor ponsel kepada admin agar bisa dimasukan dalam WA group,(4)WA group yang sudah dibuat khusus untuk media pembelajaran tigak diperbolehkan catingan atau yang lain(5)Guru menyampaikan materi pembelajaran baik berbentuk vidio,poto dan penugasan.Penyampaian materi melalui WhatsApp lebih efektif dan efisien . Peserta didik tidak perlu mengeluarkan banyak biaya sehingga dapat belajar secara praktis.
Untuk pendalaman materi peserta didik diajak berdiskusi. Diskusi pemecahan masalah dengan via WhatsApp dengan fitur groupchatt atau dengan istilah WA group cenderung meningkatkan keaktifan dan kreatif peserta didik untuk menyampaikan gagasan atau pendapat.Meskipun peserta didik kelas VI SD Negeri 03 Taman kecamatan Taman kabupaten Pemalang masih menggunakan gadget milik orang tuanya,tetapi tetap optimis dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh melalui WhatsApp.
Keefektifan pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dengan pengelolaan yang baik dapat menumbuhkan sikap positif meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.Pembelajaran yang tidak dibatasi dengan waktu dan tempat memudahkan peserta didik mengurangi hal-hal negatif dalam pemanfataan teknologi informasi sebagai media sosial.Bagi guru dan peserta didik whatsApp merupakan alternatif yang dapat dipilih diharapkan menjadi solusi pembelajaran jarak jauh kususnya di kelas VI SD negeri 03 Taman walaupu ada kekurangan tetapi banyak manfaat yang didapat selama pembelajaran jarak jauh yaitu untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dimasa pandemi yang berkelajutan.
Oleh :
DULATIP,S.Pd.SD
GURU SDN 03 TAMAN PEMALANG