JATENGPOS.CO.ID, – Pelajaran apa yang paling sulit? Bila anda menanyakan pertanyaan tersebut kepada siswa SMA khususnya jurusan MIPA pasti kebanyakan dari mereka akan menjawab Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris. Walaupun tidak menutup kemungkinan mereka akan menjawab mata pelajaran yang lainnya. Hanya saja 5 mata pelajaran tersebut menempati urutan teratas sebagai mata pelajaran yang sulit dan ditakuti kebanyakan siswa. Fisika adalah saat satu mata pelajaran di urutan teratas yang paling dihindari oleh siswa, kenapa? karena siswa beranggapan bahwa Fisika itu rumit, banyak rumus, membingungkandan mata pelajaran paling iseng diantara mata pelajaran yang lain karena mereka harus menghitung roda berputar,tumbukan dua bola billard, tegangan tali jemuran serta masih banyak lagi alasan mereka tentang Fisika. Anggapan-anggapan ini menyebabkan minat dan motivasi siswa pada pelajaran Fisika rendah. Untuk itu diperlukan suatu perubahan proses pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa.
Sebagai seorang guru Fisika, menumbuhkan motivasi dan minat belajar Fisika serta keaktifan siswa merupakan tantangan yang harus dihadapi dan dicari penyelesaian masalahnya. salah satu metode yang dapat diimplementasikan untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan metode permainan. Permainan Star Challengedinilai dapat meningkatkan motivasi, minat dan aktivitas siswa dikelas.
Apa itu Star Challenge? permaian Star Challengeadalah permainan berkelompok yang dapat dimainkan bersama siswa di kelas. Gagasan sederhana tentang permaian ini adalah mengumpulkan bintang. Mungkin untuk sebagian guru istilah bermain bintang ini sudah tidak asing lagi, namun dengan sedikit kreatifitas permaian “Star Challenge” dapat menarik minat belajar siswa.
Bahan yang digunakan dalam permaian ini cukup sederhaan yaitu gambar bintang yang diberi warna emas (Golden star) dan perak (Silver star) dari kertas yang kemudian di print dan dilaminating agar tidak rusak. Guru menyediakan 25 bintang dengan rincian 5Golden star dan 20 Silver star. Durasi permaian Star Challengeadalah satu Kompetensi Dasar. Permainan ini bersifat berkesinambungan selama satu KD.
Teknis permainan ini sangat sederhana yaitu siswa mengumpulkan Silver staryang mana akan ditukarkan dengan Golden star. Setiap 4 Silver stardapat ditukarkan dengan 1Golden star, kelompok dengan jumlah Golden star terbanyak adalah pemenangannya. sebelum permaian dimulai siswa dibagi kedalam kelompok kecil beranggotakan 4 orang secara heterogen atau dapat disesuaikan dengan jumlah siswa satu kelas.
Lalu bagaimanakah cara mendapatkan Silver star?Silver stardiberikan pada kelompok sesuai dengan perilaku anggota kelompoknya di kelas mulai dari kedisiplinan, pekerjaan rumah/ tugas dan keaktifan dikelas.Pemberian Silver star dapat disesuaikan dengan penilaian masing-masing guru. selain penghargaan yang diterima siswa dalam permainan ini, terdapat juga hukuman yang disediakan bagi kelompok yang melakukan pelanggaran. kelompok yang anggotanya bertindak kurang baik akan dikenai pelanggaran dengan hukuman pengembalian 1 Silver star untuk satu pelanggaran. permaian diakhiri setelah satu KD terlampaui. Pemenang dari Challenge ini adalah kelompok yang dapat mengumpulkan Golden star terbanyak. Guru menyediakan hadiah kecil-kecilan sebagai bentuk apresiasi terhadap setiap usaha yang dilakukan oleh siswa.
Esensi dari “Star Challenge” adalah partisipasi setiap siswa dalam setiap pembelajaran. selain meningkatkan motivasi, minat dan keaktifan siswa, ada beberapa manfaat lain dalam permaian ini antara lain kerja sama, menumbuhkan persaingan yang sehat antar kelompok, sikap kooperatif dan tanggung jawab, menumbuhkan sikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah.Hal yang terpenting adalah mengajarkan kepada siswa bahwa proses belajar adalah yang terpenting.
Intan Mustika Noor Sasono Putri, S.Pd,.Gr
Guru Fisika MAN 2 Sragen