Sukseskan Caption Writing Saat PJJ dengan Padlet

Dyah Retno Purwaningsih, S.Pd  Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Wonogiri 

Program BDR pada mata pelajaran Bahasa Inggris di masa darurat pandemi Covid-19 pada kelas XII SMA Negeri 1 Wonogiri program MIPA dan BB semester 1 TP 2020/2021 tetap berjalan efektif. 4 kompetensi: listening, speaking, reading dan writing dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi gratis yang mudah diakses dengan ponsel. Namun keterbatasan PJJ ini menuntut kreativitas pada assessment in learning di mana aspek kejujuran dan orisinalitas harus dipertimbangkan dalam penilaian. Sebagai solusi, penulis sebagai guru memanfaatkan akun Padlet untuk media penilaian keterampilan menulis Caption.

Padlet merupakan papan tulis maya gratis terkoneksi internet dan hanya memerlukan alamat email outlook, akun google, atau akun Microsoft yang menyediakan 3 papan tulis untuk pembelajaran. Inma Beltrán-Martín dalam 5th International Conference on Higher Education Advances menuliskan bahwa penggunaan Padlet mendorong refleksi siswa terhadap proses belajar mereka sendiri dan meningkatkan fleksibilitas proses belajar karena baik siswa dan guru dapat berkontribusi pada wall tersebut kapanpun dan di manapun.

Baca juga:  Atasi Kecemasan Berpisah Dengan Reinforcement Positive

Pada K.D Caption, sebagai survey awal pre-test, siswa menuliskan caption foto mereka masing-masing tanpa pembatasan jenis struktur kalimatnya. Hasilnya, banyak siswa masih berkendala dalam tata bahasa. Feedback dari pre-test ini menjadi refleksi siswa bahwa mereka perlu meningkatkan kompetensi utamanya dalam menulis.

Aktivitas pembelajaran inti secara sinkron dilakukan melalui obrolan telegram, membahas dan berlatih memahami teks caption, untuk memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kabahasaan. Selanjutnya siswa dilibatkan secara aktif untuk memproduksi kalimat komplek yang mengandung verb 1 dan verb ing, baik sebagai gerund dan participle. Latihan interaktif ini dimantapkan dengan menuliskan contoh, menjawab quiz pada telegram poll, memberikan vote pada mentimeter maupun dengan review melalui game interaktif kahoot.


Baca juga:  Pembelajaran Bahasa Inggris Lebih Berkesan dengan Role Play

Melalui kelas maya telegram, penulis sebagai guru memberikan apresiasi pada siswa yang aktif selama pembelajaran. Penulis juga memotivasi siswa yang belum bisa menguasai konsep, agar proses pembelajaran berjalan stabil dengan mayoritas siswa aktif. Dinamika ini membuat siswa semakin terdorong untuk aktif dalam kelas maya, yang berefek positif pada matangnya konsep dan mantapnya kompetensi.

Assessment in learning penilaian keterampilan menulis untuk kompetensi writing pada K.D Caption dilakukan dengan meminta siswa mengupload foto anggota keluarga atau sahabat pada Padlet dan menuliskan minimal 6 kalimat caption dengan menggunakan to infinitive, gerund, maupun participle sebagaimana yang telah dipelajari. Penggunaan Padlet pada unjuk kerja ini dilakukan dengan memberikan link kepada siswa untuk diakses dengan ponsel atau laptop. Karena sifat papan tulis tersebut terbuka, bisa dilihat oleh siapapun dengan link yang diberikan, maka plagiarisme bisa diminimalisir. Siswa bisa saling membaca, memberikan komentar, menyukai atau tidak menyukai postingan, sehingga siswa akan mencegah diri sendiri untuk berbuat curang. Sifat terbuka ini juga memacu siswa untuk menampilkan karya sebaik mungkin agar memberikan kesan positif, sekaligus untuk hasil penilaian maksimal pada nilai keterampilan menulis Caption. Performa paripurna ini menunjukkan media Padlet efektif untuk meningkatkan hasil penilaian pada K.D Caption.

 

Baca juga:  MPA Tingkatkan Hasil Belajar Bilangan Bulat

 

Oleh Dyah Retno Purwaningsih, S.Pd 

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Wonogiri