Hampir dua tahun pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia,termasuk Indonesia,hal itu membuat Indonesia menerapkan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dimana pembelajaran dilakukan secara Online. Pembelajaran secara online telah mengubah dinamika pendidikan dimana siswa menjadi malas untuk belajar dan kurang terkontrol kemajuan belajarnya,sehingga menjadikan motivasi belajar menurun, sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.Padahal motivasi belajar sangat erat hubungannya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.Menurut pendapat dari ( Djamarah,2012:23) menyatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam individu sebagai hasil dari aktivitas belajar.
Sedangkan pengertian motivasi menurut Sardiman (2018:75)menyatakan bahwa motivasi belajar adalah keseluruhan penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai.Dari pengertian bisa disimpulkan bahwa tanpa motivasi yang kuat siswa cenderung malas dan tidak tertarik untuk belajar sehingga tidak bisa mencapai apa yang mereka inginkan dan prestasi belajarpun menjadi kurang memuaskan. Apalagi dalam pelajaran bahasa Inggris dimana sebagian besar siswa menganggap Bahasa Inggris itu sulit dan menjadikan siswa kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran Bahasa Inggris dan otomatis motivasi dan prestasi belajar belajar Bahasa Inggris menjadi rendah. Kondisi tersebut juga terjadi di kelas XI TB1 SMK Negeri 7 Purworejo.Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar serta memberi kesan bahwa Bahasa Inggris itu tidak sulit dan menyenangkan, serta mempermudah siswa memahami pelajaran Bahasa Inggris, maka penulis mencoba mencari solusi yang tepat dengan menggunakan aplikasi Tiktok dalam pelajaran Bahasa Inggris di kelas tersebut.
Tiktok adalah untuk merekam dan menyajikan kreativitas serta momen berharga dari seluruh penjuru dunia melalui ponsel. Tiktok memungkinkan setiap orang menjadi krator dan mendorong pengguna untuk membagikan ekspresi ekspresi komunikatif melalui video.Dari pengertian Tiktok tersebut maka ketika penulis mengajar Bahasa Inggris di kelas XI TB 1 pada pertemuan pertama kelas penulis bagi menjadi beberapa kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Setelah itu setiap kelompok diberi tema yang berbeda untuk membuat video dengan aplikasi tiktok.Tema yang penulis berikan sesuai dengan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh siswa.Misalkan pada Kompetensi Dasar Daily Routine, setiap kelompok diminta membuat video tentang aktivitas dirumah setelah bangun tidur sampai berangkat sekolah.Pada pertemuan pertama siswa sudah mulai bergairah mengikuti pelajaran Bahasa Inggris.Pertemuan kedua penulis meminta siswa membuat video tentang aktivitas mereka disekolah,kelompok yang dapat membuat video sesuai dengan tema dan bisa menyelasaikan tugas tepat waktu diberi reward, sehingga setiap kelompok berlomba untuk cepat menyelesaikan tugas mereka dengan baik dan tepat waktu. Dari dua kali pertemuan menggunakan aplikasi Tiktok ini ternyata siswa sudah tertarik dan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris,karena suasana pembelajaran menjadi interaktif sesuai dengan situasi dan konsdisi siswa sehingga prestasi belajarpun menjadi meningkat. Sehingga setiap kali pelajaran Bahasa Inggris siswa merasa nyaman, antusias, dan sampai tidak menyadari kalau waktu pelajaran habis. Maka bisa penulis simpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Tiktok dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI TB1 SMK Negeri 7 Purworejo . Sehingga aplikasi Tiktok dapat juga penulis terapkan di kelas-kelas lain.
OLEH NGATIYAH,S.Pd
GURU BAHASA INGGRIS SMK N 7 PURWOREJO