Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menyebabkan kemajuan peradaban manusia semakin cepat, salah satunya dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, untuk memenuhi tuntutan kemajuan IPTEK tersebut, manusia dituntut untuk mencapai pendidikan yang setinggi- tingginya, dengan pendidikan manusia dapat mengembangkan segala bakat dan potensi yang dimilikinya serta dapat menjadi manusia yang bertanggung jawab dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan Sekolah Dasar merupakan satuan pendidikan formal pertama yang mempunyai tanggung jawab untuk dapat mengembangkan sikap dan kemampuan dasar bagi siswa agar dapat menyesuaikan diri di tengah masyarakat. Proses pembelajaran seharusnya berlangsung secara menyenangkan, sehingga akan membuat siswa mudah menerima pelajaran tanpa paksanaan dan tekanan. Permasalahan pada pembelajaran konvensional dapat diatasi dengan penerapan pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa melalui pelibatan aktif siswa yang bersangkutan.
Berkaitan dengan hal tersebut, perlu dirancang suatu kegiatan belajar yang menarik bagi siswa (Isjoni, 2008: 7) Dalam proses belajar mengajar, lima komponen yang sangat penting adalah tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Kelima aspek ini saling mempengaruhi. Sebagai salah satu komponen pembelajaran, media tidak bisa luput dari pembahasan sistem pembelajaran secara menyeluruh. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian pendidik dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Media permainan yang akan saya gunakan didalam proses pembelajaran adalah Let’s Play. Kata Let’s Play berarti mari main, maksudnya ialah permainan ini mengajak untuk orang-orang ikut berpartisipasi atau ikut bermain dalam permainan ini, khususnya dalam hal ini ialah mengajak kepada siswa bermain di dalam proses pembelajaran terkait suatu materi yang sedang dipelajari. Media permainan Let’s Play adalah suatu media permainan yang dikemas dalam suatu permainan seperti permainan monopoli. Dalam permianan Let’s Play ini di setiap kotak pertanyaan untuk diri sendiri dan juga pertanyaan untuk temanmu, diisi dengan teori atau ulasan mengenai Uang, mulai dari penulisan dan penyebutan berbagai nilai mata uang rupiah, kesetaraan nilai uang, dan lain-lain. Permainan Let’s Play memerlukan pemahaman, dan ketangkasan para pemain dalam memahami.
Perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan Let’s Play: 1. Sebuah papan permainan yang dibuat dengan ukuran 50 cm x 50 cm 2. Dadu 1 buah beserta wadahnya 3. Poin sebanyak jumlah banyaknya pemain 4. 1 set kartu pertanyaan diri sendiri dan 1 set kartu pertanyaan untuk temanmu 5. Uang-uang mainan dari berbagai pecahan nilai mata uang.
Dari hasil Uji kompetensi siswa dari 20 siswa kelas 4 ( empat ) ada 18 siswa yang nilanya di atas KKM hanya ada 2 ( dua ) siswa yang masih dibawah KKM dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran khususnya media permainan Let’s Play pada mata pelajaran matematika tentang materi Uang, dapat membantu siswa untuk mempelajari dan memahami materi pelajaran dengan mudah karena pertanyaan-pertanyaan yang disajikan dalam media permainan Let’s Play berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media permainan Let’s Play dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sadiman, et al. (2010: 78) menyebutkan kelebihan permainan sebagai media pendidikan, antara lain : menarik perhatian dan minat siswa, memungkinkan adanya partisipasi aktif, memberikan umpan balik langsung, memungkinkan penerapan konsep dan peran secara langsung, bersifat luwes, mudah dibuat dan diperbanyak.
Oleh :
ARIF JULIANTO, S.Pd.SD
SDN Sirukem, Kec. Kalibening
Kab. Banjarnegara