Proses pendidikan yang dahulunya memakai tehnik tatap muka langsung sekarang dengan adanya keadaan darurat karena pandemi covid-19 membuat proses belajar mengajar dialihkan menjadi pembelajaran virtual. Tentulah ini menjadi persoalan baru, dimana tata kebiasaan dan kebudayaan yang selama ini dijalankan harus sedikit dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pemberlakuan sekolah virtual ini, merupakan jalan terbaik untuk keberlangsungan proses pendidikan. Pembelajaran di masa pandemi covid-19 memang sangat dibutuhkan kreatifitas dan inovasi dari gur u pengampu agar siswa tidak mudah jenuh untuk mengikuti pembelajaran. Salah satu tips menarik yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan beberapa media sosial yang sedang naik daun dan disenangi oleh kalangan muda-mudi salah satunya TikTok.
TikTok adalah aplikasi berbagi berbasis video pendek yang bisa mudah diakses oleh segala kalangan dan minat seperti olahraga, seni, memasak dan berita. Dengan antusias kalangan muda dalam menggunakan aplikasi Tiktok, sehingga guru dapat menjadikan aplikasi Tiktok sebagai suatu media baru dalam pembelajaran. Tidak berbeda jauh dengan Youtube guru bisa membagikan dan menjelaskan materi pada video pendek yang bisa diakses oleh siswa. Selain melalui video pendek, guru juga bisa melakukan pembelajaran live video yang bisa diakses oleh siswa. Namun berbeda dengan menggunakan aplikasi Zoom atau Google Meet, pada aplikasi TikTok guru tidak bisa bertatap muka langsung dengan siswa.
Di salah satu SMK Swasta di Kabupaten Purworejo, SMK Patriot Pituruh. Aplikasi TikTok di jadikan salah satu media pembelajaran di kelas bahasa inggris. Dan terbukti mampu meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran bahasa inggris. Hamalik (dalam Arsyad 2013:19) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi, ransangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis pada siswa. Guru bisa memanfaatkan aplikasi tiktok dalam media pembelajaran bahasa Inggris. Dan banyak pula konten kreator yang menyajikan pembelajaran bahasa inggris yang apik dan menarik, membahas tentang berbagai materi pembelajaran bahasa inggris.
Guru Bahasa Inggris SMK Patriot Pituruh pada tahun pelajaran 2021/2022 melakukan pembelajaran daring menggunakan media tiktok sebagai media pembelajaran pada materi Introducing di kelas 10. Siswa diminta untuk melengkapi dan membuat konten duet TikTok dengan di sajikan dialog dalam bahasa inggris terkait materi yang sedang di bahas. Dan ternyata siswa lebih tertarik dan antusis untuk membuat konten tersebut. Pada kesempatan lain guru menggunakan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran teks prosedur. Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Karena di dalam TikTok banyak sekali contoh-contoh tutorial/procedure yang sangat kreatif dalam membuat sesuatu, maka siswa dapat mengeksplore contoh video procedure yang ada di TikTok. Selain itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran salah satunya membuat video procedure. Guru meminta siswa membuat video procedure sesuai dengan kreativitas siswa. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengedit video procedure tersebut. Secara tidak langsung, siswa juga berlatih speaking. Keunggulan menggunakan aplikasi TikTok adalah siswa bisa lebih kreatif dalam membuat video procedure dan bisa melihat banyak contoh video procedure. Dengan media TikTok terbukti dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam belajar bahasa inggris. Kekurangannya adalah aplikasi tiktok membutuhkan kuota internet yang cukup banyak karena konten yang ada di dalam aplikasi tiktok semua berupa video.
Jeri Handoko,S.Pd
Guru Bahasa Inggris SMK Patriot Pituruh