Tingkatkan Kemampuan Bercerita Anak TK dengan Papan Flanel

TITIK MURWATI,S.Pd.AUD TK PERTIWI JRAGANAN KECAMATAN BODEH PEMALANG

JATENGPOS.CO.ID,  Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan jenjang Pendidikan yang paling fundamental. Pendidikan pada jenjang ini merupakan pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani. Salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini adalah bahasa. Aspek bahasa pada anak mencakup kemampuan membaca, menulis, menyimak, mendengar, berbicara dan berkomunikasi. Menurut Muslichatun (2004:18) Bahasa merupakan bentuk utama dalam mengekspresikan pikiran dan pengetahuan bila anak mengadakan hubungan dengan orang lain yang sekaligus juga berfungsi untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain.

Kenyataan yang ditemukan pada proses pembelajaran  di lapangan menunjukkan bahwa di kelompok B TK Pertiwi Jraganan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang masih banyak anak sulit dalam berbicara secara lancar dan benar. Masih banyak anak-anak yang diam Ketika mengajak berkomunikasi. Anak TK kadang masih sulit dalam mengungkapkan atau  menginterpretasikannya. Kesulitan yang dialami oleh anak dalam berbahasa ada pengaruhnya dari kebiasaan-kebiasaan anak di lingkungan keluarga yang kurang komunikatif atau metode dan alat yang digunakan guru kurang memadai dalam aktivitas pembelajaran. Aspek kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa siswa di TK Pertiwi Jraganan yaitu dengan cara merangsang minat anak untuk berbicara, latihan menggabungkan bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan bentuk kalimat dengan tehnik bercerita dan nyanyian serta mengenalkan lambang tulisan. Guru di TK bisa mengembangkan  kemampuan berbahasa anak didiknya, salah satunya dengan menggunakan metode Bercerita dengan Papan Flanel.

Baca juga:  Trik Pemahaman Komunikasi Nonverbal dalam Pergaulan

Menurut Handoyo, (2017:12) bercerita adalah suatu metode yang dapat mengembangkan beberapa aspek fisik maupun psikologis yang sangat baik bagi anak anak TK. Papan flanel merupakan papan yang dilapisi dengan kain flanel yang berwarna netral. Gunting gambar tokoh pada kertas yang belakangnya dilapisi dengan kertas goso untuk menempelkan pada papan flanel supaya dapat merekat. Dengan demikian bercerita dengan papan flanel merupakan aktivitas bercerita yang menggunakan potongan gambar lepas, gambar lepas ini dapat ditempel pada papan flanel. Potongan gambar ini mendeskripsikan adegan atau yang akan disajikan dalam cerita. Adapun langkah langkah pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut : Pertama, guru membuka pembelajaran dengan salam, do’a,  menyanyi dilanjutkan dengan pemberan apersepsi dan mengatur tempat duduk anak. Kedua, papan flanel dan potongan potongan gambar diperlihatkan sambil menyebutkan judul cerita dan menceritakan adegan dari potongan gambar-gambar tadi kepada siswa. Ketiga Tanya jawab tentang isi cerita dan memberi kesempatan pada anak untuk mengemukakan pendapat dan memberi motivasi pada anak yang belum mampu bercerita. Terakhir adalah kegiatan refleksi dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.

Baca juga:  Media Gambar dan Video Tingkatkan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi di SMP Negeri 4 Kajen

  Berdasarkan hasil Kegiatan Pembelajaran yang telah dilaksanakan pada kelompok B TK Pertiwi Jraganan Kecamatan Bodeh Kabupaten dapat disimpulkan bahwa melalui cerita dengan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Hal ini ditandai dengan meningkatnya perhatian anak serta minat anak dalam mendengarkan cerita, menjawab pertanyaan, bertanya tentang sesuatu yang ingin dia ketahui dan kemampuan dalam mengungkapkan pendapat atau keinginannya.

iklan

 

TITIK MURWATI,S.Pd.AUD

TK PERTIWI JRAGANAN KECAMATAN BODEH  PEMALANG

iklan