Tingkatkan Kemampuan Menulis Kalimat dengan Gambar

Anung Khasanah, S.Pd.SD

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting. Dengan terus berkembangnya pengetahuan dan teknologi di dunia pendidikan, kita harus siap menghadapi kemajuan perkembangan tersebut. Upaya meningkatkan pendidikan dalam pembelajaran seperti kurikulum, strategi pembelajaran, sumber belajar, media belajar dan pendukung lainya, merupakan unsur utama dalam pembelajaran. Sebagai perencana kegiatan pembelajaran, guru harus dapat mengelola kelas secara efektif dan efisien, mengunakan metode dan media pembelajaran yang tepat sehingga tercapai tujuan pembelajaran.

            Dalam pembelajaran, guru menggunakan strategi pembelajaran yang beragam dan tepat untuk diterapkan kepada peserta didik. Dalam hal ini berbagai ilmu, metode dan media pembelajaran yang dapat membantu terwujudnya suatu kegiatan pembelajaran. Dengan strategi pembelajaran tersebut, maka guru dapat menyampaikan materi dengan mudah sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung sesuai dengan harapan ataupun tujuan dari pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan.

Baca juga:  Running Review, Solusi Di Era Industri 4.0 DI SMK 2 TEGAL

            Namun masih ada strategi dalam pembelajaran yang masih belum optimal, dalam meningkatkan kemampuan menulis kalimat pada kelas II SDN Jatimalang. Kemampuan untuk menulis kalimat masih rendah, peserta didik masih merasa kesulitan untuk menulis kalimat berdasarkan gambar seri yang sudah tersedia. Masih kurangnya ide untuk menemukan keingintahuan tentang sesuatu baik nyata maupun imajinasi. Dalam menulis, peserta didik masih apa adanya dan selalu ingin mengatakan sesuatu sesuai dengan jalan pikirannya.

Guru telah merencanakan perangkat pembelajaran secara prosedural, memperhatikan pemilihan metode dan media belajar sebagai sarana dan prasarana penunjang keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran, penerapan strategi pembelajaran dengan menyediakan gambar dan buku bacaan untuk membantu siswa menemukan ide yang dapat membantu peserta didik dalam menulis kalimat. Dan memanfaatkan media yang ada disekeliling peserta didik secara maksimal guna menunjang pembelajaran, Sehingga memudahkan pemberian materi yang disampaikan serta mengetahuai karakteristik peserta didik dalam pembelajaran.


Baca juga:  Kucermate Komik Mahir Nama Senyawa

            Upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat berdasarkan gambar di kelas II SDN Jatimalang, dengan pemberian bimbingan strategi atau cara untuk mewujudkan simbol-simbol bahasa menjadi huruf yang dapat dikenal peserta didik secara konkret, dengan tujuan agar peserta didik dapat menulis kata-kata sehingga dapat menjadi kalimat sederhana. Dalam menulis permulaan di kelas rendah, diharapkan peserta didik dapat menuliskan berbagai kata menjadi suatu kalimat sederhana.

Mengadakan pendekatan kepada peserta didik secara bertahap dari huruf demi huruf, kata demi kata hingga terbentuk kalimat pendek dan sederhana yang dikuasai. Penggunaan huruf kapital atau huruf besar pada awal kalimat serta penggunaan tanda baca pada kalimat, agar peserta didik dapat mengenal cara menulis huruf besar atau huruf kapital serta mampu menulis kalimat sederhana dengan ejaaan yang benar dan tepat. Dengan adanya media gambar, sangat membantu peserta didik untuk memunculkan ide atau gagasan untuk menuliskan kata-kata menjadi sebuah kalimat sederhana.

Baca juga:  Saintifik Aroma Pakem, Yes!

Penggunaan media gambar dan media yang ada dilingkungan sekitar peserta didik pada pembelajaran menulis kalimat sederhana di kelas II SDN Jatimalang, peserta didik mampu menulis kalimat dengan baik dan benar sesuai gambar atau pun media yang telah diamatinya. Pemilihan metode dan penerapan media pembelajaran yang tepat dapat membangkitkan keaktifan peserta didik dalam menulis serta dengan pemberian motivasi kepada peserta didik dapat memacu kemampuannya untuk menulis kalimat, sehingga tujuan pembelajaran dapat terwujud dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

Oleh :

Anung Khasanah, S.Pd.SD

Guru SD Negeri Jatimalang, Purwodadi, Purworejo