Tingkatkan Kemampuan Siswa Selesaikan Soal Cerita dengan Langkah – langkah Polya

Ahmad Bukhori S.Pd.

Salah satu tujuan Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 adalah membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik.Masalah tersebut adalah terdapat dalam kehidupan sehari – hari, yang pada umumnya banyak dijumpai pada soal – soal cerita.

Pada kenyataan, sering penulis jumpai baik dalam tes formatif maupun sumatif, sebagian besar siswa SD khususnya kelas IV SD Pekauman Kulon 02, banyak mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal cerita. Kesulitan yang dialami dalam menyelesaikan soal cerita karena siswa tidak dapat memahami isi soal cerita tersebut.

Dalam hal ini agar siswa tidak mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal cerita, hendaknya guru memberi motivasi kepada siswa menyelesaikan soal cerita itu karena siswa tidak memahami isi soal cerita tersebut.

Dari uraian diatas terlihat adanya kekurangmampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Dari kenyataan yang terjadi di lapangan penulis tertarik melaksanakan penelitian yaitu apakah dengan menggunakan langkah – langkah Polya dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal cerita di kelas IV semester 1 SD Pekauman Kulon 02?.

iklan
Baca juga:  Meningkatkan Speaking dalam PJJ dengan Whatsapp Voice Note

Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa pendapat tentang belajar Matematika diantarannya dijelaskan oleh Gagne. Bahwa dalam belajar Matematika ada  2 obyek yang dapat diperoleh siswa,salah satunya obyek tak langsung antara lain kemampuan menyelidiki dan memecahkan masalah ,belajar mandiri ,bersikap positif terhadap matematika ( Herman Hudoyo, 2001:36 ).

Agar langkah di atas lebih jelas akan penulis berikan beberapa contoh soal cerita dan penyelesaiannya dengan menggunakan langkah-langkah Polya.Contoh soal, Uang Tati Rp1500,00 dan uang Rudi Rp.1000,00 Mereka membeli buku seharga Rp.2000,00.Berapa  rupiahkah sisa uang mereka?a.Memahami masalah dengan menuliskan:a.1.Yang diketahui :Uang Tati Rp.1500,00,uang Rudi Rp.1000,00.Mereka membeli buku Rp.2000,00,a.2.Yang ditanyakan:Sisa uang mereka.b.Rencana penyelesaian:Menulis kalimat matematika sebagai berikut:1500+1000-2000=—-,c.Pelaksanaan rencana penyelesaian:Menyelesaikan kalimat matematika sesuai aturan urutan operasi hitung yang berlaku sebagai berikut:                                                   1500+1000-2000=—-                                                                                                                                             2500-2000=500,d.Mencocokkan kembali antara jawaban dengan soal semula.Siswa dapat menggunakan ketrampilan menghitumg yang telah dimiliki,misalnya dengan cara bersusun pendek.

Baca juga:  Tutor Teman Sebaya Tingkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Dengan melihat contoh soal cerita dan cara penyelesaiannya dengan  langkah-langkah                        Polya tersebut dapat diterapkan dalam mengajarkan ketrampilan menyelesaikan soal cerita di SD. Khususnya kelas IV.Akan tetapi berhubung daya tangkap kelas IV SD masih rendah,maka guru harus penuh kesabaran  dalam membimbing siswa agar langkah-langkah Polya ini benar- benar dapat dipahami sehingga siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita.

Berdasarkan masalah dan kajian pustaka yang telah penulis kemukakan di atas maka dapat diajukan tindakan sebagai berikut :”Dengan langkah-langkah Polya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan pengerjaan hitung cmpuran dalam bentuk soal cerita pada kelas IV SD.Pekauman kulon 02 kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran2020/2021.

Dengan melihat hasil nilai ulangan matematika yang terdahulu,dari 40 siswa yang ada      di kelas  IV terdapat beberapa siswa yang tergolong lambat atau kurang pandai yaitu hanya memperoleh nilai kurang dari 65 sehingga menyebabkan nilai rata-rata kelas dan daya serap   rendah,serta terdapat beberapa siswa yang tergolong pandai yaitu nilai yang mereka peroleh lebih dari 65.Melihat perbedaan daya serap siswa terhadap materi peiajaran tertentu khususnya matematika,guru bermaksud menyejajarkan antara keduanya dengan cara mengulang materi yang dianggap sulit oleh siswa yang kurang pandai dengan harapan siswa kelompok ini mendapat nilai yang lebih baik,Akan tetapi siswa yang pandai jenuh karena selalu menjumpai persoalan yang sama ,sehingga siswa kelompok ini kurang tertarik dengan apa yang disampaikan oleh guru karena mereka merasa sudah dapat menyelesaikan persoalan yang disampaikan guru.

Baca juga:  Home Visit, Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi

 Dengan langkah-langkah Polya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengerjaan hitung campuran dalam bentuk soal cerita bagi siswa kelas IV semester I,SD.Pekauman kulon 02 Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

Oleh :

Ahmad Bukhori S.Pd.

SDN Pekauman Kulon 02, Dukuhturi Kabupaten Tegal

iklan