Sifat – sifat cahaya (Sifacay) merupakan materi yang terdapat pada mata pelajaran IPAS di kelas V. Materi tersebut sangat erat kaitannya dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam dan kehidupan. Banyak peristiwa yang masih bersifat abstrak sehingga perlu dipahami oleh siswa secara konkrit. Diperlukan berbagai media untuk memberikan pemahaman sesuai dengan tingkat pola pikir siswa.
Pada praktiknya pemahaman siswa kelas V SDN 1 Selokerto terhadap materi sifacay masih kurang optimal. Hal itu ditunjukan dengan hasil belajar yang masih rendah baik hasil secara tertulis maupun dalam praktikum. Metode ceramah dan penugasan tertulis ternyata belum mampu memberikan pemahaman secara holistik. Untuk itu dibutuhkan media yang mampu memberikan pemahaman terhadap materi sifat-sifat cahaya. Karananya, penulis menggunakan media sederhana dengan harapan pemahaman siswa meningkat.
Media pembelajaran menurut Kustandi (2020) adalah wadah penyampaian pesan instruksional yang ingin diteruskan pada penerima pesan tersebut dengan tujuan adalah tercapainya proses belajar. Media dalam proses pembelajaran harus menyesuaikan dengan kondisi siswa dan sarpras yang dimiliki sekolah. Media pembelajaran lebih efektif apabila sudah dikenal oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam proses pembelajaran media yang digunakan dipadukan dengan metode eksperimen supaya pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna bagi siswa. Metode eksperimen adalah cara penyajian bahan pelajaran yang memungkinkan siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri suatu pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari (Kalsum, 2022). Metode tersebut memposisikan siswa sebagai subjek pembelajaran sedangkan guru menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran.
Media sederhana yang digunakan dalam pembelajaran materi sifat-sifat cahaya yaitu kaca polos, kaca riben, kertas plastik berwarna, mistar kayu, buku album, lilin, center, cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung. Media tersebut dipilih dengan pertimbangan mudah diperoleh dan sudah dikenal oleh siswa. Dengan demikian, eksperimen yang akan dilakukan tidak menjadi hal yang asing bagi siswa. Dalam praktiknya siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan anggota empat siswa. Setiap kelompok melakukan eksperimen untuk menguji sifat-sifat cahaya menggunakan media yang sesuai. Pada saat eksperimen setiap kelompok mengisi lembar hasil eksperimen yang berupa tabel. Lembar tersebut untuk mencatat peristiwa-peristiwa yang terjadi terhadap sifat-sifat cahaya melalui media yang digunakan. Di dalam melakukan eksperimen setiap anggota harus membangun kerjasama dengan anggota lain agar terjalin kolaborasi antar anggota. Setiap anggota memiliki hak dan kewajiban yang sama di dalam kelompoknya agar hasil eksperimen merupakan hasil kolaborasi antar siswa. Diskusi pada saat eksperimen sangat diutamakan untuk membuka pemahaman terhadap materi yang sedang dipelajari. Pada kegiatan akhir semua kelompok melakukan presentasi hasil eksperimen yang telah dilakukan secara kelompok. Pada saat presentasi kelompok lain diperbolehkan untuk bertanya maupun memberi saran agar hasil eksperimen semakin lengkap. Dalam proses pembelajaran penulis lebih bersifat menjadi fasilitator sehingga siswa lebih memiliki ruang untuk mengekspresikan pemahaman secara mandiri. Kreativitas siswa dalam belajar lebih tergali dengan pola pembelajaran yang berfokus pada siswa. Langkah tersebut akan mampu menggali potensi siswa untuk lebih bernalar kritis.
Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa penggunaan media sederhana dengan metode eksperimen mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sifacay (sifat-sifat cahaya). Pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan dengan siswa langsung mencoba dan membuktikan terhadap materi yang sedang dipelajari. Media yang digunakan memiliki peran sangat signifikan terhadap pemahaman siswa dalam belajar. Dengan menggunakan media dan metode yang tepat pembelajaran lebih berfokus pada siswa dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa. Kerja kelompok dalam proses pembelajaran mampu menumbuhkan profil pelajar Pancasila.
Oleh :Siti Rahayu, S.Pd.SD
SDN 1 Selokerto kec. Sempor Kab. Kebumen