Guru zaman now harus sudah meninggalkan model pembelajaran konvensional (ceramah dan catat buku sampai habis). Sudah tidak zaman lagi siswa menjadi objek, siswa adalah manusia yang memiliki potensi untuk berkembang. Siswa berhak mempunyai pola pikir berbeda, berhak menjadi subjek dan tidak menjadi objek. Model pembelajaran yang banyak mengaktifkan dan mengoptimalkan potensi siswa untuk berkembang adalah mind mapping. Model ini membuat siswa menikmati proses pembelajaran, bahkan tidak menyadari jika waktu pembelajaran sudah berakhir. Mengapa MIND MAPPING bisa membuat siswa begitu antusias, kreatif dan memotivasi siswa untuk belajar lebih kuat?
Mind Mapping dikembangkan oleh Tony Buzan, dari Inggris. Dia penemu Mind Map (Peta Pikiran), Ketua Yayasan Otak, pendiri Klub Pakar (Brain Trust) dan pencipta konsep Melek Mental. Mind mapping: proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep konsep permasalahan tertentu dari cabang cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi koneksi di dalam otak.
Mind mapping sebuah metode untuk mengelola informasi secara keseluruhan melalui pemetaan peta pikiran berbentuk percabangan yang dituangkan langsung kedalam media tulis. Manfaat dari metode pencatatan menggunakan mind mapping adalah untuk mempermudah proses pengingatan, mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci, mudahnya kita mengingat suatu informasi utama karena tema utama terdefinisi dengan jelas di tengah.
Mind mapping akan sangat menarik jika diterapkan dalam pembelajaran, siswa bisa mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap materi dari berbagai sudut, sesuai dengan yang mereka suka. Mind Mapping membantu untuk merencanakan, berkomunikasi, menjadi kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran pikiran, mengingat dengan baik, belajar lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan. Manfaat mind mapping 1) Tema utama terlihat secara jelas 2) Informasi penting di dekat tema utama 3) Lebih mudah dipahami dan diingat 4) Meningkatkan kemampuan berimajinasi, mengingat, membuat catatan 5) meningkatkan minat juga mampu menyelesaikan persoalan 6) Merangsang kreatifitas lewat warna dan gambar 7) Membuat catatan yang menarik dalam waktu singkat
Mind Mapping merupakan media berpikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak secara alami. Dalam proses pembelajaran penggunan mind mapping memudahkan siswa membuat resume dari buku paket yang. Siswa bisa mengingat materi pelajaran dari sudut pandang mereka sendiri. Siswa bisa memilih dan membuat sendiri model atau cara yang bisa memudahkan mereka untuk belajar.
Mind mapping menumbuhkan kreativitas belajar, anak lebih antusias membuat resume sendiri, karena Mind Mapping 1) dibuat dan digambar secara bebas 2) catatan sekaligus karya seni yang indah 3) meningkatkan kemampuan imajinasi, konsentrasi, dan mengingat, merangsang pola pikir kreatif 4) pembelajaran lebih menyenangkan 5) menyalurkan bakat yang terpendam 6) tidak merasa jenuh dengan buku paket sebagai acuan 7) bermain sekaligus belajar.
Mind Mapping sebuah catatan sederhana 1 lembar bisa menjelaskan banyak hal secara lengkap, terstruktur sekaligus menyenangkan.
oleh :
TOETI LISTYARINI, S.Pd.
Guru Sejarah Indonesia
SMK NEGERI 3 KLATEN