Dalam dunia Pendidikan peran guru BK di lingkungan sekolah mempunyai pengaruh besar terhadap kedisiplinan dan perkembangan peserta didik. Guru BK adalah guru yang membantu peserta didik yang mengalami masalah yang berkaitan dengan proses pendidikan di sekolah. Oleh karena itu guru BK, kepala sekolah, wali kelas maupun perangkat sekolah lainnya akan membantu peserta didik dalam mengatasi masalah kedisiplinan, dan masalah lain yang dialami peserta didik.
Pandemi covid-19 adalah krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Banyak negara memutuskan untuk menutup sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Pandemi covid-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi. Seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, tanpa kecuali pendidikan. Banyak negara memutuskan menutup sekolah, perguruan tinggi maupun universitas, termasuk
Dampak dari pembelajaran di masa pandemi covid-19 diantaranya berdampak terhadap peserta didik. Sekolah diliburkan terlalu lama membuat anak-anak jenuh di rumah dan nilai yang dirasakan dari pembelajaran online. Khusunya peserta didik yang terbuka untuk pengalaman lebih memperhatikan kualitas pembelajaran online. Peserta didik yang lebih neurotis menghindari stres karena belajar dalam situasi yang tidak mereka kenal. Selain itu peserta didik cenderung mengadopsi pembelajaran online ketika mereka merasa pembelajaran online memenuhi kebutuhan emosional dan sosial mereka.
Dampak terhadap orang tua. Kendala yang dirasakan bagi orang tua yaitu meraka harus meluangkan lebih ekstra waktu kepada anak-anak untuk mendampingi belajar online, tentunya akan berpengaruh pada aktivitas pekerjaan rutin sehari-hari yang akan menjadi berkurang, terkadang juga para orang tua ikut belajar bersama anak-anaknya dan ikut membantu mengerjakan tugasnya. Pembelajaran online juga memaksa para orang tua harus menggunakan teknologi, sehingga suka tidak suka dan mau tidak mau membuat guru perlu waktu untuk beradaptasi dan mereka menghadapi perubahan baru yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas hasil belajar.
Dampak terhadap guru. Dampak yang dirasakan guru yaitu tidak semua guru mahir menggunakan teknologi internet atau media sosial sebagai sarana pembelajaran, tingkat penggunaan kuota internet akan bertambah dan akan menambah beban pengeluaran guru. Untuk melakukan pembelajaran online selama beberapa bulan tentunya akan diperlukan kuota yang lebih banyak lagi dan secara otomatis akan meningkatkan biaya pembelian kuota internet.
Upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 prosesnya menggunakan layanan konseling individu. Guru BK dalam memberikan layanan dengan menggunakan inovasi baru sesuai dengan era revolusi industri dan tidak mengesampingkan protokol kesehatan. Media cyber counseling merupakan media yang digunakan dalam program layanan konseling individu. Guru BK dapat memberikan layanan lewat dunia maya menggunakan dan memanfaatkan video call di jejaring sosial. Dengan model konseling ini, konselor dan konseli tetap dapat bertatap muka dan berkomunikasi lisan sebagai inti dari konseling.
Layanan konseling individu dilaksanakan melalui tahapan-tahapan seperti pengenalan peserta didik yang mengalami masalah belajar, pengungkapan sebab–sebab timbulnya masalah belajar dan pemberian bantuan pengentasan masalah belajar. kemudian peserta didik akan mengungkapkan penyebab-penyebab pelanggaran kedisiplinan dalam belajar yang sedang peserta didik alami.
Oleh:
Umi Royani, S.Pd.
Guru BK SMP Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan