Alam sangat berarti dan berperan penting bagi makhluk hidup dan kehidupan di muka bumi. Alam dan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya merupakan warisan nenek monyang dan titipan cucu di masa mendatang yang patut dijaga kelestariannya dan keberlanjutannya. Bumi tempat kita berpijak dengan bertambahnya umur, semakin parah kondisinya. Hal tersebut disebabkan karena ulah manusia yang tidak ramah lingkungan. Sebagai contoh penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan, penggunaan freezeer, AC, hair spray, dan lain-lain. Dari aktivitas manusia tesebut, mampu meningkatkan suhu bumi yang dikenal dengan Global Warming. Sehingga menyebabkan berbagai bencana, yaitu dengan mencairnya es di kutub yang akan mengancam tenggelamnya pulau-pulau di dekat pantai.
Dengan kondisi tersebut, dalam kurikulum 2013 Global Warming merupakan salah satu materi pelajaran Fisika klas XI semester 2. Ada beberapa hal yang ingin disampaikan dalam materi tersebut, namun justru beberapa siswa meremehkan dan menyepelekan materi hafalan ini karena dianggap materi mudah. Sementara penguatan pendidikan karakter yang akan disampaikan dari materi Global Warming adalah mencintai lingkungan demi alam yang lestari.
Word Square merupakan model pembelajaran yang tepat untuk materi Global Warming ini. Model Pembelajaran Word Square adalah model pengembangan dari metode ceramah yang diperkaya dan berorientasi pada keaktifan siswa dalam pembelajaran. Model ini mampu memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokkan jawaban pada kotak-kotak jawaban.
Model ini sedikit lebih mirip dengan mengisi teka-teki silang, akan tetapi perbedaan yang mendasar adalah model ini sudah memiliki jawaban namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf atau angka pengecoh. Istimewanya model pembelajaran ini adalah bisa dipraktekkan untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran Fisika klas XI MIPA SMA Negeri 1 Tegal.
Guru membuat sejumlah pertanyaan terpilih yang dapat merangsang siswa untuk berfikir HOT. Tujuan huruf dan angka pengecoh bukan untuk menggiring siswa lebih teliti dan kritis.
Metode ini secara teknis adalah kegiatan belajar mengajar dengan cara guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut : guru menyampaikan materi Global Warming sesuai tujuan pembelajaran materi tersebut. Kemudian guru membagikan lembar kerja sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi Global Warming. Adapun instrumen utama metode adalah lembar kerja yang berupa pertanyaan atau kalimat yang perlu dicari jawabannya pada susunan huruf acak pada kolom yang telah disediakan. Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban secara vertikal, horisontal maupun diagonal. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak.
Dengan model pembelajaran Word Square materi Global Warming mampu meningkatkan minat belajar siswa SMA Negeri 1 Tegal kelas XI MIPA yang akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Refleksi dari model pembelajaran Word Square materi Global Warming adalah siswa mampu menjaga bumi dengan mencintai lingkungan demi alam yang lestari.
Ari Pristianto Nugroho, M.Si.
Guru Fisika SMA Negeri 1 Tegal