Bahasa Inggris adalah alat untuk berkomunikasi baik secara lisan dan tulisan. Dan juga merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional Berbasis Komputer di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Pembelajaran Bahasa Inggris terutama di tingkat Sekolah Menengah Pertama saat ini masih terdapat berbagai masalah terutama kemampuan vocabulary atau kosakata siswa yang minim. Masalah tersebut juga penulis hadapi pada siswa SMP Negeri 2 Pedan terutama kelas VII. Sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan vocabulary siswa untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris yang lebih baik. Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal (Gagne dan Briggs, 1979:3).
Sehingga dengan pembelajaran yang disajikan seorang guru melalui proses belajar dan menggunakan berbagai media secara minimal akan mempengaruhi kemampuan siswa yang semula tidak tahu menjadi tahu tentang suatu hal. Sedangkan Vocabulary atau kosakata adalah kata-kata yang kita ajarkan dalam bahasa asing. Penny Ur (1991:60). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran vocabulary adalah suatu proses belajar untuk mengajarkan kata-kata dalam bahasa asing dalam hal ini Bahasa Inggris.
Berkaitan dengan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan vocabulary siswa maka seorang pengajar harus memiliki metode yang menyenangkan, sederhana, dan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Kemampuan atau abilities ialah bakat yang melekat pada seseorang untuk melakukan suatu kegiatan secara phisik atau mental yang ia peroleh sejak lahir, belajar dan dari pengalaman. (Soehardi, 2003 : 24) Sehingga kemampuan vocabulary siswa bisa diperoleh salah satunya dari proses pembelajaran yang dilakukan guru disekolah melalui metode pembelajaran yang tepat. Untuk meningkatkan kemampuan vocabulary siswa, guru bisa menggunakan media word puzzle.
Word Puzzle atau pencarian kata atau teka-teki silang adalah permainan kata yang terdiri dari huruf-huruf kata yang ditempatkan dalam kotak, yang biasanya memiliki bentuk persegi panjang atau persegi. (Wikipedia, Inggris). Word puzzle berfungsi untuk merangsang saraf-saraf otak siswa yang bermanfaat untuk menyegarkan ingatan mereka terhadap suatu kata atau istilah yang baru maupun lama. Sehingga otak kembali optimal karena dibiasakan untuk bekerja terus menerus dengan santai dan kontinyu. Dengan pembelajaran melalui word puzzle selain simpel dan sederhana juga dapat melatih ketelitian atau kejelian siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengasah otak mereka sehingga kemampuan vocabulary siswa dapat meningkat dengan baik. Selain dapat meningkatkan kemampuan secara kognitif, anak juga dilatih untuk kemampuan motoriknya.
Ketika guru ingin mengajarkan kata-kata baru misalnya kata sifat atau adjective maka bisa dibuat word puzzle terkait dengan adjective beserta artinya dalam bahasa Inggris selanjutnya dengan bantuan kamus siswa dapat mencari kata tersebut dengan senang dan santai. Pada akhir pembelajaran guru dapat mereview siswa dengan menanyakan kata tersebut satu persatu sehingga siswa akan lebih paham dan mengerti. Dengan metode word puzzle guru akan lebih terbantu untuk memperbanyak kosa kata siswa, dan bagi siswa sendiri akan lebih senang dan santai sehingga akan meningkatkan kreatifitas dan mendorong peningkatan minat belajar siswa.
EKO SUPRAPTI, S.Pd
Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Pedan