Bangun vocabulary dengan “Board race game”.

Yudhi Marwanto, S. Pd Guru SMPN 3 Satu Atap Miri, Sragen
Yudhi Marwanto, S. Pd Guru SMPN 3 Satu Atap Miri, Sragen

JATENGPOS.CO.ID, – Salah satu dasar berbahasa inggris adalah harus mampu menguasai vocabulary. Semakin tinggi penguasaan vocabulary, tentunya semakin baik pula penggunaaan bahasa dalam berkomunikasi secara global di dunia. Pembelajaran vocabularydidalam kelas biasanya dilakukan secara efektif dan secara kontekstual, yaitu pembelajaran yang sesuai dengan tujuan komunikasi dan pembelajaran yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari serta dilaksanakan secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.Vocabulary atau kosakata merupakan komponen inti dari kemampuan berbahasa dan merupakan dasar bagaimana siswa mampu berbicara baik, mendengarkan, membaca, dan menulis.

Permasalahan yang ada sekarang ini adalah siswa sering terpapar dengan metode belajar tradisional yang menggunakan pola komunikasi satu arah, dan biasanya siswa di sekolah akan memiliki rasa percaya diri yang rendah terutama dalam hal mengungkapkan vocabulary secara luas. Hal ini yang menjadi momok besar bagi masyarakat Indonesia untuk dapat menjadi masyarakat yang kompetitif di dunia persaingan global. Oleh sebab itu, guru kekinian dituntut untuk mampu melakukan pengajaran vocabulary dengan kreatif, sehingga menjadi lebih bermakna untuk menarik siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun perbendaharaan kata.

Terdapat banyak metode untuk mengajarkan bahasa inggris, misalnya dengan aplikasi belajar bahasa inggris, atau games online maupun offline berbahasa inggris, menggunakan lagu untuk belajar bahasa inggris, atau melalui permainan bersama teman-teman dan guru di sekolah. Permainan merupakan salah satu aktivitas yang menarik dalam belajar bahasa inggris. Mengajar bahasa inggris dengan  permainan bisa menghidupkan suasana belajar. Ditambah lagi, permainan bisa membuat murid-murid  ‘ketagihan’ belajar bahasa Inggris dan ingin terus belajar. Salah satu jenis permainan yang mudah untuk di terapkan di kelas adalah “Board race game”.

“Board race game” sering digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa inggris, khususnya untuk meningkatkan memori vocabuary yang sudah diajarkan sebelumnya pada siswa . Jenis permainannya lebih banyak kepada mengulang vocab dan grammar. “Board racegame”juga bisa dilakukan di awal sebelum materi dimulai agar siswa terlibat aktif di kelas. Permainan yang satu ini cocok untuk menguji apa saja yang siswa ketahui tentang pelajarannya.Cara permainannya yaitu: Guru membagi kelas menjadi dua kelompok besar dan memberikan spidol berwarna pada masing-masing kelompok. Jika kelas  terdiri dari banyak sekali siswa, bisa dibagi menjadi 3 atau 4 kelompok. Guru membuat garis vertikal di tengah papan tulis, lalu tulis topik di bagian atas papan tulisnya. Selanjutnya, para siswa dari masing-masing kelompok harus menulis sebanyak kata yang diminta oleh guru. Kata tersebut harus berhubungan dengan topik yang telah ditentukan. Sesi ini dilakukan dalam bentuk kompetisi antar kelompok, sehingga  juga harus menentukan limit waktunya. Setiap kelompok mendapat poin untuk kata yang benar. Kata-kata yang tidak berhubungan dengan topik dan salah ejaan tidak mendapat poin.

Jenis permainan ini terbuktisangatefektif yang mana mampu meningkatkan sikap rasa percaya diri, tanggung jawab dan kerjasama dalam meningkatkan vocabulary siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Serta mampumenghidupkan suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, atraktif, dan tidak boring.Sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran tercapai.

Yudhi Marwanto, S. Pd

Guru SMPN 3 Satu Atap Miri, Sragen